BNI Meriahkan Parade Asian Games 2018 dan Perayaan Hari Kebangkitan Nasional

0 12
Jakarta, 13 Mei 2018 – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berpartisipasi dalam Acara Parade Asian Games 2018 yang diadakan di Kawasan Monumen Nasional. BNI juga mendukung Perayaan Hari Kebangkitan Nasional 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kedua acara tersebut digelar di Jakarta, Minggu (13 Mei 2018).
Keikutsertaan BNI dalam parade tersebut merupakan bagian dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 BNI yang turut pula menjadi momentum Hari Kebangkitan Nasional. Acara Parade Asian Games 2018 diikuti oleh BNI dan BUMN lain yang mendukung perhelatan Asian Games 2018. BNI telah terpilih untuk menjadi Official Prestige Digital Banking Partner untuk Asian Games 2018.
Parade tersebut dilepas oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla. Hadir menyaksikan acara parade tersebut Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno, Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir, dan Direktur Bisnis Ritel BNI Tambok PS Simanjuntak. Turut hadir pada titik Finish Parade Asian Games yaitu di Gedung Kemkominfo RI, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati.
Tambok menuturkan, rombongan BNI terdiri atas sekitar 100 orang yang berjalan beriringan melalui rute yang telah ditentukan. Keikutsertaan tersebut merupakan bentuk dukungan BNI sebagai Official Prestige Digital Banking Partner untuk Asian Games 2018. Selain itu, BNI berkomitmen untuk menyediakan solusi transaksi finansial berbasis digital untuk peserta Asian Games yang terdiri atas atlit, official, dan yang lainnya. Langkah ini sesuai dengan semangat Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang terus digelorakan oleh pemerintah.
“Parade ini juga bertujuan meningkatkan awareness kepada masyarakat bahwa Indonesia akan menjadi Tuan Rumah pada sebuah perhelatan olahraga bertaraf Internasional, yaitu Asian Games 2018. Sungguh kebanggaan bagi Indonesa untuk menjadi tuan rumah dari salah satu perhelatan olahraga terbesar di dunia tersebut. Untuk itu, masyarakat perlu tahu akan hal itu dan ikut merasa bangga dengan diadakannya Asian Games 2018 di Indonesia,” ujar Tambok.
Predikat Official Prestige Digital Banking Partner selaras dengan arah bisnis dan pelayanan BNI yang berkembang menjadi The New Digital Financial Institution di Indonesia, sehingga mulai tahun 2017, BNI telah meluncurkan program BNI Digination. Khusus untuk Asian Games 2018, BNI akan menerbitkan uang elektronik versi Filantropi Card sebagai apresiasi kepada para atlet Indonesia yang berjuang mengharumkan nama baik Indonesia dan berhasil mempersembahkan medali emas serta mengibarkan Sang Saka Merah Putih yang saat ini membutuhkan perhatian dan bantuan.
Tidak hanya itu, BNI juga menyiapkan  BNI Debit Virtual Account, aplikasi yap! (Your All Payment), dan BNI TapCash Limited Edition Asian Games 2018 yang seluruhnya berbasiskan teknologi digital. Pada satu kartu Combo VA terdapat fungsi Debit Virtual Account (identitas nasabah tanpa keharusan membuka buku tabungan) plus fungsi sebagai uang elektronik BNI (TapCash). yap! sendiri adalah aplikasi pembayaran yang merupakan bentuk digital dari uang tunai, kartu debit dan kartu kredit. yap! dapat digunakan oleh nasabah dan non nasabah BNI karena di dalam aplikasi yap! terintegrasi 3 sumber dana yaitu uang elektronik (UnikQu), Kartu Debit BNI, dan Kartu Kredit BNI.
BNI yap! juga menawarkan kemudahan bertransaksi melalui mekanisme pembayaran menggunakan scan QR Code di merchant yang berlogo yap!. Aplikasi yap! sudah dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store. Selama Asian Games 2018 berlangsung, aplikasi yap! tersebut dapat digunakan untuk pembelian merchandise dan transaksi lainnya.
Adi Sulistyowati menambahkan, dukungan BNI terhadap Asian Games 2018 tersebut dilaksanakan dengan target mencapai 3 sukses, yaitu Sukses Kualitas, Sukses Kapasitas, dan Sukses Komersial. Sebagai lembaga pendukung, BNI dapat tetap memberikan layanan perbankan selama perhelatan Asian Games dilaksanakan, mulai dari transaksi non tunai di venue Asian Games 2018, penempatan bilik penukaran uang secara eksklusif di lokasi strategis, serta menempatkan mesin ATM dan mesin EDC secara eksklusif di venue.
*Harkitnas 2018*
Pada kesempatan yang sama, BNI turut memeriahkan Perayaan Hari Kebangkitan Nasional 2018. Hadir pada perayaan tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir, dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati.
Rudiantara menuturkan kreativitas insan muda di era digital menjadi wujud nyata kebangkitan nasional yang bersumber pada sumber daya manusia. Dan hal ini membutuhkan perjuangan yang panjang karena tidak mudah bagi semua orang untuk menerima perubahan.
“Menjadi tugas bagi para regulator untuk mendampingi serta membimbing agar para insan muda dapat berkontribusi mengembangkan teknologi informasi yang menjadi lambang kebangkitan digitalisasi,” tutur Rudi.
Adi Sulistyowati menuturkan bahwa BNI dalam kesempatan tersebut menerbitkan Kartu BNI TapCash Edisi Khusus Harkitnas 2018 yang didesain khusus untuk acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018. Kartu tersebut diharapkan bisa menularkan semangat Kebangkitan Nasional 2018 pada perhelatan Asian Games 2018 Agustus nanti.
“Tema perayaan Harkitnas tahun ini sejalan dengan perkembangan BNI yang sedang menuju Digitalisasi Perbankan. Untuk itu, sebagai lembaga keuangan, BNI mengembangkan berbagai produk perbankan digital untuk mendukung aktivitas masyarakat yang semakin bergantung pada teknologi digital. Salah satu dari produk perbankan digital kami adalah Kartu BNI TapCash,” ujar Adi.
English English Indonesian Indonesian