96% Kepala Keamanan Informasi Global Kesulitan Mendapatkan Dukungan yang Dibutuhkan untuk Melawan Serangan Siber

Jakarta, 5 Mei 2023 – Trellix, sebuah perusahaan keamanan siber yang menyediakan solusi Extended Detection and Response (XDR) masa depan, baru-baru ini membahas penelitian baru dalam Konferensi RSA 2023. Penelitian tersebut berjudul “The Mind of the CISO” dan hasilnya didapatkan dari survei terhadap Chief Information Security Officer (CISO) atau Kepala Keamanan Informasi dari berbagai industri besar di seluruh dunia. Penelitian ini mengungkapkan tantangan yang dihadapi oleh CISO, termasuk kurangnya dukungan, tekanan yang tinggi, penggunaan terlalu banyak solusi keamanan, dan keinginan untuk memiliki solusi keamanan terpadu yang tepat.

Menurut CEO Trellix, Bryan Palma, CISO terkadang merasa tidak didukung, tidak terdengar, dan tidak terlihat meskipun mereka termotivasi untuk melindungi organisasi mereka dari ancaman keamanan siber yang semakin meningkat. Dalam survei, 96% CISO mengalami kesulitan mendapatkan dukungan dari dewan eksekutif untuk mempertahankan kekuatan keamanan siber, sementara hampir setengah dari mereka berpendapat bahwa kesadaran akan tantangan keamanan siber di seluruh bisnis akan membuat pekerjaan mereka lebih mudah. Selain itu, 30% CISO mengatakan bahwa penggunaan terlalu banyak teknologi keamanan tanpa sumber kebenaran tunggal adalah salah satu rintangan utama.

Baca juga  Tips dari Gravel: Hal Penting yang Harus Anda Ketahui Sebelum Melakukan Serah Terima Rumah

Meskipun demikian, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa solusi keamanan yang tepat dapat membantu menghemat waktu dan mengoptimalkan investasi keamanan. 94% responden setuju bahwa alat yang tepat akan membantu menghemat waktu, sementara 44% ingin memiliki akses ke satu alat perusahaan terintegrasi untuk mengoptimalkan investasi keamanan.

Pada konferensi RSA 2023, Bryan Palma juga membahas bagaimana industri harus berinovasi untuk mendukung organisasi dalam melawan kejahatan siber dan mendukung CISO dengan membayangkan kembali Security Operations Center (SOC) di masa depan. Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan kunjungi situs web Konferensi RSA.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri