Samsung Kembali Merajai Pasar Ponsel Indonesia di Kuartal 1 Tahun 2022

IDC Riset Pasar Smartphone di Indonesia
IDC Riset Pasar Smartphone di Indonesia

Seremonia.id – Samsung kembali merajai pasar ponsel untuk market Indonesia pada kuartal 1 tahun 2022, begitu yang disampaikan oleh IDC (International Data Corporation) melihat dari pertumbuhan yang di berikan yakni sekitar 2.9% di ikuti Oppo pada urutan 2 dan vivo di urutan ke 3.

Hasil Riset dari IDC untuk Kuartal 1 Tahun 2022

Hasil Riset dari IDC untuk Kuartal 1 Tahun 2022

5 Sorotan Perusahaan Smartphone Teratas (1Q22)

Samsung berhasil mencapai posisi teratas di 1Q22 setelah dua setengah tahun. Samsung merilis beberapa model utama, seperti seri andalan Galaxy S22 dan model Galaxy A03, bersama dengan penyegaran seri A lainnya. Seri Galaxy A53 5G, A52s 5G, dan S22 yang baru dirilis mendorong pangsa Samsung di segmen 5G hingga 40%.

Baca juga  Investree Dukung Penuh Kemajuan UKM melalui Digitalisasi Keuangan dan #KolaborasiuntukTumbuh

OPPO mengambil posisi kedua di kuartal ini dengan A95 dan A76 sebagai driver terbesar mereka. Kedua model, bersama dengan model kelas menengah baru yang dirilis pada 1Q22, berhasil menumbuhkan segmen menengah OPPO (US$200–US$400) sebesar 67% QoQ. Pengiriman 5G, terbatas pada seri Reno dan Find X, meningkat 56% QoQ. Namun, pangsa OPPO di segmen 5G jauh lebih rendah yaitu 3,7% di 1Q22 dibandingkan dengan 26,4% di 1Q21 karena vendor lain telah memperluas portofolio 5G mereka di kuartal ini.

vivo menduduki peringkat ketiga di 1Q22. Y15s dan Y21-nya adalah pendorong terbesarnya. vivo dapat terus mengembangkan segmen kelas menengahnya karena Y33s dan V23e terus menjadi yang terdepan bersama dengan dukungan model Y75 dan V23 yang baru dirilis. Pangsa segmen ultralow-end (di bawah US$100) menurun secara signifikan karena vivo mengurangi pengiriman Y1 di 1Q22. Ini merilis lebih banyak model 5G kelas menengah di 1Q22, menggandakan pengiriman 5G QoQ.

Baca juga  Shanghai Electric Resmi Terbitkan Laporan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 2020

Xiaomi mempertahankan posisi keempat pada kuartal ini meskipun mengalami kesulitan pasokan selama dua bulan pertama kuartal ini. Seiring dengan peningkatan pasokan di bulan Maret, Xiaomi mampu meningkatkan pangsa segmen kelas bawah (US$100–US$200) dan kelas menengah secara signifikan. Pengiriman 5G Xiaomi juga mengalami kenaikan tajam dengan bantuan seri Redmi 11 Note dan Poco M4 Pro yang baru dirilis, membantu Xiaomi mempertahankan posisinya sebagai pemain terbesar kedua di segmen smartphone 5G.

realme mempertahankan posisi kelima di 1Q22. Setelah membangun sistem distribusi yang baru direformasi, realme merilis beberapa model utama. Seri realme 9 Pro+ yang baru dirilis membantunya menumbuhkan segmen kelas menengah dan pengiriman 5G secara signifikan. realme juga merilis GT2 Pro, yang menjadi perangkat high-end pertamanya. segmen low-end realme tetap kuat, dengan C25Y dan C21Y sebagai kontributor utama bersama dengan model yang baru dirilis.