Polygon MATIC Naik 83% Sebulan, Tetapi Data Menunjukkan Proyek Telah Kehilangan Daya Tarik

Polygon MATIC Naik 83% Sebulan, Tetapi Data Menunjukkan Proyek Telah Kehilangan Daya Tarik

Seremonia.idPolygon (MATIC) memiliki Juli yang menjanjikan, memperoleh 83% yang mengesankan dalam 30 hari. Platform kontrak pintar menggunakan penskalaan lapisan-2 dan bertujuan untuk menjadi solusi infrastruktur Web3 yang penting. Namun, investor mempertanyakan apakah pemulihan itu berkelanjutan, mengingat simpanan yang tidak bersemangat dan data alamat yang aktif.

Menurut Cointelegraph, Polygon rally setelah dipilih untuk program akselerator Walt Disney Company untuk membangun augmented reality, token nonfungible (NFT) dan solusi kecerdasan buatan.

Polygon mengumumkan pada 20 Juli rencana untuk mengimplementasikan Mesin Virtual Ethereum (zkEVM) tanpa pengetahuan, yang menggabungkan beberapa transaksi sebelum menyampaikannya ke blockchain Ethereum (ETH). Dalam wawancara baru-baru ini dengan Cointelegraph, salah satu pendiri Polygon Mihailo Bjelic menyatakan solusi ini akan memangkas biaya Ethereum hingga 90% dan meningkatkan throughput menjadi 40-50 transaksi per detik.

Alasan lain untuk reli Polygon adalah meningkatnya jumlah platform yang mulai menawarkan taruhan cair untuk token MATIC, yang memungkinkan pemegang untuk mendapatkan hadiah tambahan. Contohnya termasuk Lido Finance, Balancer, Meshswap dan Ankr Staking, menurut DeFi Pulse.

Meskipun saat ini 69% di bawah -waktu tertinggi, Polygon tetap menjadi token 12 teratas berdasarkan peringkat kapitalisasi. Selain itu, jaringan tersebut menyimpan simpanan senilai $1,72 miliar yang terkunci pada kontrak pintar, yang dikenal di industri sebagai total nilai terkunci, atau TVL.

Penskalaan Polygon yang kompatibel dengan Ethereum berfungsi penuh, menampung aplikasi terdesentralisasi (DApps) yang bervariasi dari pertukaran terdesentralisasi (DEX), layanan pinjaman yang dijaminkan, agregator hasil, pasar NFT, dan game.

Deposit kontrak pintar Polygon turun 42%

Terlepas dari reli 83% Polygon dalam 30 hari, TVL jaringan yang diukur dalam token MATIC turun 42% pada periode yang sama. Sebagai perbandingan, solusi penskalaan Fantom (FTM) turun 14% dalam 30 hari dan Klaytn (KLAY) meningkat 11%.

Dalam dolar, TVL Polygon saat ini sebesar $1,42 miliar adalah 67% lebih rendah dari tahun ke tahun. Namun, jumlah tersebut tidak jauh dari Solana (SOL) $2,08 miliar, atau Avalanche (AVAX) $2,52 miliar, menurut data DeFi Llama.

Untuk mengonfirmasi apakah penurunan TVL Polygon disebabkan oleh adopsi yang memudar, seseorang harus menganalisis metrik penggunaan DApp. Namun demikian, beberapa DApps, seperti game dan pasar NFT, tidak memerlukan setoran besar, sehingga metrik TVL tidak relevan dalam kasus tersebut.

Seperti yang ditunjukkan oleh DappRadar, pada 1 Agustus, rata-rata, jumlah alamat jaringan Polygon yang berinteraksi dengan aplikasi terdesentralisasi menurun 19% dibandingkan bulan sebelumnya.

Mengingat TVL Polygon telah menurun sebesar 42%, jaringan tidak memiliki pertumbuhan basis pengguna yang lebih besar untuk mendukung momentum harga token MATIC lebih lanjut. Namun, Quickswap, DApp terkemuka, menghadirkan 138.530 alamat aktif selama 30 hari terakhir. Sebagai perbandingan, aplikasi Ethereum terkemuka OpenSea menampung 299.910 pengguna dalam periode yang sama.

Data di atas menunjukkan bahwa Polygon telah kehilangan sebagian daya tariknya di pasar untuk solusi penskalaan. Namun, proyek tanpa pengetahuan yang diumumkan baru-baru ini belum diimplementasikan, tetapi manfaatnya dapat mendorong MATIC di atas $1.