Digital Advertising Campaign : Bagian 1

Kita sering kali melihat perubahan sebagai sesuatu yang harus dihindari, kenapa ? karena perubahan itu tidak menyenangkan, perubahan itu membuat kita harus belajar hal baru, pokoknya perubahan itu tidak enak.

Tapi seiring dengan waktu, perubahan tidak dapat dihindarkan, perubahan tetap akan terjadi di sekitar kita. Satu-satunya yang tetap adalah diri kita, oleh karena itu kita sendiri yang menentukan nasib kita akan maju kedepan atau mundur kebelakang, kalau tidak mengikuti perubahan.

 

Hal yang sama terjadi di pemasaran produk, dulu kita hanya mengenal media konvensional, sekarang semuanya sudah digital, sayangnya banyak usaha kecil sampai usaha besar belum mau berubah, dan mengadaptasi pola pemasaran digital. Banyak yang masih mengandalkan pemasaran secara konvensional dan media promosi lama.

Dilema orang melakukan promosi di masa lalu adalah menjawab pertanyaan dari empunya perusahaan. Pertanyaan itu adalah, berapa yang akan balik ke perusahaan jika kita (perusahaan -red) melakukan iklan sebesar x rupiah. Sering kali jawabannya, “ya pasti akan ngefek pak, namanya juga promosi ngembangin brand, sambil ngeles dengan segala jurus ilmu pengetahuan yang ada.”

Tapi di jaman digital sekarang ini segala sesuatunya bisa diukur, pertanyaan diatas bisa di jawab dengan mudah jika memahami benar konsep pemasaran digital. Kita bisa melakukan pemasaran digital secara efektif dengan dua cara; pertama belajar sendiri, atau diserahkan ke digital advertising agency seperti komunikamedia.co.id.

Baca juga  Santika Indonesia Hotels & Resorts Berhasil Raih Penghargaan Sebagai Perusahaan “Tahan Pandemic”

 

Lalu bagaimana cara mengukur efektifitas sebuah iklan digital ?. Yang sering kita ketahui bahwa iklan kita akan muncul di social media seperti facebook, instagram, twitter, linkedin dan social media lainnya, atau akan muncul di berbagai website dengan sistem programmatic-nya.

Pengukuran efektifitas iklan digital, bukan sekedar kita membaca report tentang impression, click through rate, atau berapa jumlah klik yang didapat. Tapi berapa jumlah konversi yang dihasilkan dari jumlah klik yang terjadi. Dari budget iklan digital yang dikeluarkan berapa yang bisa menjadi penjualan.

Salah satu strategi yang efektif untuk mengukur konversi penjualan adalah dengan menggunakan iklan secara retargeting atau remarketing. Sebagai contoh misalnya Evan mempunyai toko mainan yang menjual 2 jenis tipe mainan. Pertama mainan mobil-mobilan, kedua mainan boneka. Karena yang kita bahas adalah pemasaran secara digital, maka Evan harus punya website terlebih dahulu, karena promosi dan penjualannya akan dilakukan secara online.

Baca juga  SUPER AIR JET Kembali Terbang ke Destinasi SUPER Favorit: SURABAYA Kota Pahlawan dan Metropolitan

 

Sebelum memulai setting iklan digital, website Evan harus ter-instal script google analytic. Google analytics diperlukan untuk mengukur berapa banyak orang / visitor yang masuk ke web-nya. Kedua Evan harus mempunyai google ads account. Sambungkan google ads account dengan google analytic, maka strategi remarketing siap dijalankan.

Strategi remarketing ini adalah, iklan akan  mengikuti siapapun yang berkunjung ke website Evan, untuk mengingatkan agar melakukan pembelian terhadap barang yang sudah dilihat.

Untuk menjalankan ini secara efektif, Evan harus memisahkan pengunjung yang melihat aneka jenis mobil mainan di website-nya, dengan pengunjung yang sudah membeli produknya. Pengunjung web Evan yang tidak membeli mainan mobil-mobilan tersebut akan dikejar oleh iklan yang dibuat Evan supaya kembali dan melakukan pembelian, sementara yang sudah beli tidak akan diikuti oleh iklan yang dibuat Evan.

Hal yang sama juga bisa di lakukan di pengunjung websitenya yang melihat boneka, yang hanya melihat akan  dikejar oleh iklannya Evan kemana pun si pengunjung itu pergi sampai melakukan pembelian, sementara yang sudah beli tidak akan di ikuti oleh iklan tersebut. Jenis iklan remarketing ini bisa di lakukan di google ads ataupun facebookhttps://komunikamedia.co.id/

Baca juga  Digital Advertising Campaign : Bagian 2

 

Bersambung kebagian kedua…

 

creative agency jakarta# agency digital# jasa digital marketing jakarta# digital# digital agency# digital agency jakarta# digital advertising agency jakarta# digital advertising agency terbaik# digital agency terbaik di indonesia# digital advertising terbaik# social media management jakarta# jasa maintenance social media# social media management jakarta# pengelolaan social media# agensi sosial media# social media maintenance packages# jasa pengelola media sosial# social network maintenance strategy# jasa pengelolaan akun media sosial# online pr media# press release# social media branding jakarta# Komunika Media Is a Digital Marketing Agency Based In Jakarta. We Provide SEO and SEM Marketing Service, Social Media, Website Design and Brand Campaign.

 

Penulis : Kurniawan Aryanto/Co-founder Komunika Media https://komunikamedia.co.id/