Strategi Terbaru Huawei untuk Meningkatkan Efisiensi Digital dan Mempercepat Kemajuan Energi Listrik Cerdas

Shanghai, Tiongkok, 10 Oktober 2023 – Huawei baru-baru ini memberikan wawasan yang menarik tentang bagaimana industri dapat merespons tantangan baru dalam sistem kelistrikan seiring dengan pesatnya perkembangan energi baru. Dalam Konferensi Tingkat Tinggi berjudul “Thrive with Digital, Accelerate Intelligence for Electric Power” yang merupakan bagian dari acara HUAWEI CONNECT 2023, David Sun, CEO Electric Power Digitalization Business Unit, menggarisbawahi pentingnya membangun kapabilitas inti secara sistematis. Sun menjelaskan bahwa perubahan dalam produksi digital, termasuk kesadaran, organisasi, dan tenaga kerja, bersama dengan peningkatan dalam produktivitas digital seperti komputasi dan transmisi daya, serta inovasi berbasis ekosistem, dapat mendorong evolusi cerdas sistem daya.

Sun menyoroti bahwa transformasi digital energi listrik memerlukan sistem daya komputasi dengan arsitektur dan koneksi jaringan yang aman, akurat, dan sesuai dengan permintaan, yang mampu menyediakan komputasi cerdas dan respons yang fleksibel dan real-time. Ia juga menekankan perlunya “Model Kosta Rika” yang bersifat terbuka dalam era digital, sehingga kemampuan lintas industri tersedia bagi pelanggan. Huawei berkomitmen untuk menjadi pelopor dalam teknologi baru dan berkolaborasi dengan pelaku industri, integrator, dan mitra lainnya untuk mendukung kesuksesan proses transformasi digital di sektor energi listrik.

Jaringan distribusi tenaga listrik memiliki peran yang krusial dalam sistem kelistrikan baru, dan jaringan listrik pemerintah Shaanxi telah bekerja sama dengan Huawei dan 28 mitra untuk membangun jaringan distribusi digital. Zhang Genzhou, CIO jaringan Shaanxi, berbagi kisah sukses tentang proyek ini, menegaskan bahwa dengan tekad yang tinggi dan langkah-langkah kecil, proyek ini dapat berhasil.

Pemerintah Jiangsu saat ini menggunakan sistem daya komputasi untuk mengelola listrik, dan Huawei telah berkolaborasi dengan mereka untuk meningkatkan penggunaan energi listrik dengan berbagai cara cerdas. Wei Lei, Digitalization Director, menjelaskan bahwa kerjasama dengan Huawei dan mitra lainnya akan terus berkembang untuk aplikasi model CV dan uji coba inovasi model NLP dan multi-moda.

Permintaan daya komputasi yang semakin besar juga memerlukan infrastruktur daya transmisi yang lebih kuat, yang dibahas oleh Li Jiwei, Deputy Director of Digital Equipment Center of State Grid Information & Telecommunication Company, dengan pembangunan jaringan data tenaga listrik pintar generasi mendatang milik SGCC. Ia menyoroti bahwa “IPv6+” dapat meningkatkan operasi cerdas, pemeliharaan, dan pengalaman pengguna yang dapat ditentukan, menjadi dasar untuk perkembangan Internet energi dalam 10 tahun ke depan.

Dalam konferensi ini, Marcio SZECHTMAN, Technical Vice-President CIGRE, dan Ari Rahmat Indra Cahyadi, CEO PLN ICON+, juga berbagi informasi aktual tentang tren dan penerapan AI terkini dalam industri energi listrik. Selain itu, Hong Danke, Senior Manager of Telecommunication Division of CSG’s Dispatch Control Center, mengungkapkan tentang pembangunan jaringan transmisi listrik yang kuat dan dapat diandalkan. Mereka juga mengumumkan program inovasi dan pengembangan tenaga kerja bersama PLN dan Huawei, serta merilis resmi pameran global tentang teknologi listrik cerdas dari Huawei.

Related posts

Leave a Reply