Jakarta, 21 Agustus 2023 – PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN), salah satu institusi perbankan utama di Indonesia, telah melakukan perubahan dalam manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berkolaborasi bersama Darwinbox, sebuah penyedia teknologi global di bidang SDM yang diakui secara luas.
Dalam langkah strategis ini, Bank BTPN secara tegas mengonfirmasi komitmen untuk memberikan peluang berharga yang berdampak besar pada kehidupan jutaan orang, memperkuat posisinya sebagai inovator teknologi di sektor keuangan dengan pendekatan yang sepenuhnya berfokus pada manusia.
Kepemimpinan Bank BTPN, di bawah bimbingan Head of Human Resources Mira Fitria dan Head of Information Technology Jeny Mustopha, telah mengambil langkah visioner dengan memberikan prioritas kepada produktivitas dan kesejahteraan lebih dari 7000 karyawannya. Keputusan untuk mengubah sistem Informasi Sumber Daya Manusia menjadi platform berbasis awan dengan mitra HCM yang menempatkan karyawan sebagai fokus utama, mencerminkan komitmen terhadap transformasi digital untuk menciptakan pengalaman kinerja positif bagi karyawan dan mengintegrasikannya dalam seluruh siklus perjalanan kerja karyawan.
“Meyakini sepenuhnya bahwa karyawan kami adalah pilar kesuksesan utama kami sebagai lembaga keuangan terdepan. Dengan adopsi Darwinbox, kami memiliki visi untuk membentuk lingkungan kerja yang memusatkan perhatian pada karyawan, memberdayakan mereka untuk berkembang, mencapai potensi, dan memberikan performa terbaik dalam pekerjaan mereka,” kata Head of Human Resources Bank BTPN, Mira Fitria.
Jeny Mustopha, Head of Information Technology Bank BTPN, menegaskan pentingnya inisiatif transformasi digital ini. “Dalam konteks bisnis yang selalu berubah, teknologi memiliki peran kunci dalam meningkatkan efisiensi operasional dan keterlibatan karyawan. Melalui Darwinbox, kami memasuki fase baru yang lebih efisien dalam proses, dengan data yang terintegrasi dan real-time, serta pengalaman yang disesuaikan dengan individu, sejalan dengan komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan bagi bank kami.”
Dengan rekam jejak yang mengesankan dan pendekatan HCM yang inovatif, Darwinbox muncul sebagai mitra yang sesuai untuk perjalanan transformasi Bank BTPN. Melalui platform ini, Bank BTPN memiliki visi untuk menginnovasi seluruh proses HR dalam transformasi digital, mulai dari pengintegrasian karyawan baru, manajemen kinerja, hingga pendekatan pembelajaran berkelanjutan dan sistem survei yang dapat mengukur tanggapan karyawan. Ini mencakup aspek-aspek seperti akuisisi dan manajemen talenta, hingga pengembangan karyawan. Perlu dicatat bahwa Darwinbox telah berhasil menerapkan inovasi serupa untuk perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, melintasi berbagai sektor, termasuk Mitra Adiperkasa, Gunung Raja Paksi, dan Kopi Kenangan.
Jayant Paleti, Co-founder Darwinbox, mengungkapkan antusiasmenya atas kolaborasi ini, mengatakan, “Pimpinan Bank BTPN memiliki pandangan yang jelas tentang pengalaman karyawan, dan ini adalah perjalanan luar biasa untuk mewujudkannya. Kami sangat terhormat menjadi mitra HCM yang dipercayai oleh bank, dan bersama-sama, kami sedang membangun kembali peran fungsi HR dalam kesuksesan dan adaptabilitas karyawan. Dengan teknologi terdepan dari Darwinbox, kami sangat antusias dalam memberdayakan karyawan Bank BTPN dan membawa kesuksesan mereka ke level yang lebih tinggi.”
Sugianto Rahardja, Kepala Bagian Penjualan Darwinbox di Indonesia, menambahkan, “Visi Bank BTPN untuk menciptakan lingkungan kerja yang berpusat pada karyawan sejalan dengan misi kami di Darwinbox. Dengan memberikan pengalaman yang menonjol bagi karyawan, membuka pintu bagi bakat terbaik, dan meningkatkan efisiensi melalui otomatisasi, kami juga memprioritaskan keamanan. Ini memungkinkan lembaga keuangan seperti Bank BTPN untuk tetap patuh pada peraturan sambil tetap berinovasi. Bersama-sama, organisasi kami membentuk budaya pertumbuhan dan menetapkan standar baru untuk industri keuangan.”
Darwinbox secara global adalah platform HCM peringkat #1 (menurut Gartner Peer Insights) dan didukung oleh Microsoft, Salesforce, dan Sequoia. Solusi canggih ini melayani lebih dari 850 perusahaan dengan lebih dari 2,5 juta karyawan di lebih dari 116 negara, dan merupakan perusahaan HCM Asia yang tumbuh paling cepat serta satu-satunya yang terdaftar dalam Gartner Magic Quadrant pada tahun 2021 dan 2022. Kolaborasi teknologi dengan Microsoft membantu akselerasi inovasi terdepan, termasuk kecerdasan buatan (AI), dalam bidang SDM.