Dari Artis, Politisi, Media, Kpop, Penyanyi, Influencer, Pemain Sampai Klub Bola Semua Kehilangan Centang Biru Jalur Prestasi

21 April – Twitter resmi menghapus tanda verified centang biru yang didapat bukan dari membayar Twitter Blue pada akun resmi artis, politisi, Kpop, penyanyi, influencer, akun-akun bank dan perusahaan, pemain bola kelas dunia seperti Ronaldo sampai klub bola seperti Barcelona. Sampai hari ini tanggal 21 April, masih banyak pihak yang belum mendapatkan tanda verifed mereka kembali. Tak hanya artis perseorangan, Kpop pun turut terkena dampaknya seperti NCT, Blackpink dan akun BTS_Official. Bahkan media berita internasional seperti CNN juga masih belum centang biru sampai saat ini.

Sumber: Twitter

Dikutip dari tweet resmi dari Twitter:

Tommorow, 4/20, we are removing legacy verified checkmarks. To remain verified on Twitter, individuals can sign up for Twitter Blue…. Organizations can sign up for Verified Organizations here:….

Jika seseorang atau organisasi ingin memiliki centang biru tersebut maka diharuskan untuk membayar subscription Twitter Blue. Diketahui Elon Musk memang sedang menggalang dana baik untuk Twitter maupun untuk project SpaceX miliknya. Namun, tentu saja menimbulkan reaksi dari semua pihak yang merasa kehilangan.

Diketahui memang proses mendapatkan verified cantang biru memang tidak mudah. Beberapa orang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membangun akun dan mengajukan permohonan verified berkali-kali sebelum akhirnya mendapatkan centang biru tersebut.

Centang Biru asli tinggal kenangan, dipaksa bayar sama bang Elon. Balik jadi akun fanbase aja dah, ga seru juga kalo semua orang bisa verified” cuap Irfan Ghofur, salah satu influencer media sosial.

“Centang biru jalur prestasi sudah resmi dicabut. Terima kasih, Twitter. Perjalanan yang menyenangkan” ujar penyanyi Fiersa Besari di salah satu tweet-nya.

Juri masak terkenal Chef Arnold pun juga memberikan komentar, “Centang sudah tidak ada, artinya kita blusukan bersatu bersama warganet

Fungsi Centang Biru pada Akun Resmi

Gambar: meme centong biru sebagai response warganet terhadap kebijakan Twitter ini

Salah satu fungsi dari akun verifeid centang biru ini adalah untuk membedakan akun resmi dengan akun-akun palsu yang biasanya memiliki motif kurang baik. Sekarang, sangat sulit bagi penggemar atau follower mereka untuk membedakan postingan mereka dari postingan penipu kecuali mereka membayar untuk tanda centang biru tersebut. Akun verified dengan banyak followers tentu akan mempermudah mereka mendapatkan endorse atau sponsor dari pihak ketiga.

Sampai saat ini ‘Centang‘ dan ‘Twitter Blue” masih menjadi trending topik di Twitter.