Selama periode liburan akhir tahun, biaya transportasi online cenderung berfluktuasi karena meningkatnya permintaan dari masyarakat yang menggunakan layanan transportasi untuk berbagai keperluan liburan seperti pergi ke pusat perbelanjaan, destinasi wisata, atau berkunjung ke rumah keluarga. Di musim liburan, permintaan layanan e-hailing bahkan dapat melonjak lebih dari dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.
Liburan akhir tahun juga berdampak pada lonjakan perjalanan ke pusat-pusat transportasi publik seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, dan terminal bus. Permintaan layanan transportasi meningkat karena banyak pemilik mobil yang lebih memilih bersantai tanpa harus mengemudi selama waktu liburan mereka.
Maxim, sebagai penyedia layanan transportasi online di Indonesia, mencatat peningkatan permintaan perjalanan sebesar lebih dari 50% antara 24 Desember dan 2 Januari. Selama jam-jam dengan permintaan tinggi, harga perjalanan dapat meningkat 1,5 hingga 2 kali lipat dari harga biasanya karena penambahan biaya tambahan yang memotivasi pengemudi untuk bekerja ketika permintaan tinggi.
Sebagai strategi hemat, pengguna dapat mengurangi biaya perjalanan dengan memesan layanan taksi online pada saat permintaan belum tinggi, menghemat 30% hingga 50% dari biaya perjalanan. Diperkirakan, peningkatan permintaan terbesar akan terjadi pada malam tanggal 31 Desember hingga pagi hari tanggal 1 Januari ketika masyarakat merayakan pergantian tahun.
Untuk menghindari lonjakan harga, pengguna disarankan untuk memesan transportasi online di luar jam sibuk. Memesan pada hari Senin hingga Kamis, sore hari Jumat, dan setelah tanggal 2 Januari dapat membantu pengguna menghindari tarif yang naik.
Dalam aplikasi Maxim, pengguna bisa memperkirakan biaya perjalanan secara real-time di sepanjang rute yang akan ditempuh. Untuk perjalanan yang mendesak, analis merekomendasikan sedikit peningkatan harga, yang dapat menarik minat pengemudi untuk mengeksekusi pesanan lebih cepat.
Selain itu, Maxim juga menyambut liburan tahun baru dengan menghadirkan tema musim dingin di dalam aplikasinya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih ikon aplikasi Tahun Baru, logo dengan topi Santa Claus, efek salju yang jatuh di layar, serta ucapan selamat yang muncul setelah perjalanan selesai.