Penjelasan Penanganan Dua Tamu dan Penerbangan Batik Air ID-6061 Rute Soekarno-Hatta, Tangerang Tujuan Denpasar

Tangerang – 18 Oktober 2018. Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menginformasikan sehubungan layanan penerbangan bernomor ID-6061 yang melayani rute dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) ke Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali (DPS) bahwa operasional berjalan normal dan penanganan kepada dua tamu sudah diselesaikan dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

Batik Air memberikan klarifikasi bahwa dua tamu yang tidak terangkut di dalam layanan ID-6061 yang memiliki waktu berangkat pukul 08.55 WIB dikarenakan adanya kebijakan mengganti jenis pesawat di rute tersebut dengan pertimbangan faktor pergerakan pesawat guna memastikan ketepatan waktu keberangkatan serta dalam upaya menjaga on time pada rotasi serta operasional Batik Air berikutnya.

Batik Air menyampaikan, atas kondisi seperti itu telah menyebabkan terjadinya kelebihan penumpang (over capacity) dua orang tamu.

Pada penerbangan ID-6061 seharusnya dioperasikan dengan armada jenis Boeing 737-800NG (B738) yang berkapasitas 12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi, namun menggunakan pesawat Airbus A320-200CEO (A320) yang memiliki 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi. Dalam kondisi ini terdapat selisih 6 kursi di kelas ekonomi antara A320 dan B738.

Batik Air menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada dua tamu atas ketidaknyamanan yang timbul dari terganggu perjalanannya hari ini.

Batik Air telah menawarkan dan membantu kepada dua tamu yang terdampak dengan memindahkan penerbangan (transfer flight) di hari (18/ 10) dan rute yang sama (CGK-DPS). Berdasarkan hasil negosiasi bersama, telah menyetujui solusi layanan untuk berangkat dengan jadwal terbaru yaitu layanan Batik Air bernomor ID-6512 pukul 10.55 WIB.

Batik Air menjalankan prosedur sesuai aturan dalam penanganan kedua tamu dengan berkoordinasi secara tepat bersama petugas layanan di darat (ground handling) serta pihak terkait guna memberikan upaya pelayanan terbaik.

Pada kesempatan ini, Batik Air juga menjelaskan tidak menjual kembali dari tiket pelanggan yang sudah melakukan pelaporan diri dan mendaftarkan bagasi/ barang bawaan (check-in).

Atas kejadian tersebut, Batik Air akan menjadikan sebagai bahan evaluasi dan rekomendasi dalam rangka meningkatkan kualitas layanan dan operasional penerbangan.

Related posts

Leave a Reply