JAKARTA, 29 November 2023 – Magnite (NASDAQ: MGNI), perusahaan periklanan sell-side terbesar di dunia, hari ini merilis hasil riset terbarunya, “Streaming TV’s New Era: Embracing Ad-supported Streaming Across Screens in Indonesia” (“Era Baru Layanan Streaming TV: Mendukung Tayangan Streaming Beriklan di Berbagai Layar di Indonesia”). Riset ini mengungkap bahwa layanan streaming beriklan di Indonesia terus berkembang dengan 69% dari pemirsa TV di Indonesia memilih konten streaming yang menyertakan iklan.
Dari hasil riset, pemirsa di Indonesia rata-rata menghabiskan waktu dua jam per hari untuk menonton konten di layanan streaming, seringkali menggunakan berbagai perangkat. Meskipun ponsel cerdas menjadi perangkat utama, 61% pemirsa konten TV yang diselingi iklan lebih sering menonton melalui smart TV, bahkan hampir sepanjang minggu. Penggunaan beragam perangkat ini membuka peluang interaksi yang lebih bermakna antara merek dan konsumen, dengan 97% pemirsa konten streaming yang diselingi iklan lebih mungkin membeli produk dari merek yang mereka lihat di berbagai perangkat tersebut.
Gavin Buxton, Managing Director Asia di Magnite, menyatakan, “Layanan streaming beriklan di Indonesia terus tumbuh karena pemirsa lebih suka konten TV premium yang mudah diakses. Riset kami menunjukkan bahwa streaming tidak hanya meningkatkan kepercayaan dan visibilitas merek, tetapi juga memberikan interaksi yang signifikan dengan pemirsa, tidak hanya pada konten streaming, tetapi juga iklan yang ditampilkan. Dengan pertumbuhan layanan streaming yang terus meningkat, merek harus mempertimbangkan saluran ini untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen yang tertarik.”
Yogi Triharso, Head of Emtek Digital Data & Programmatic, menyatakan, “Hasil riset Magnite membuktikan efektivitas konten streaming yang diselingi iklan dan kemampuannya untuk meningkatkan interaksi jangka panjang dengan pemirsa dari berbagai perangkat. Meningkatnya preferensi pemirsa terhadap konten streaming beriklan memberi kesempatan kepada merek untuk meluaskan strategi pemasaran mereka di pasar konten streaming yang dinamis.”
Anurag Sure, Lead Biddable, Mindshare Unilever Indonesia, menambahkan, “Penggabungan konten berkualitas dan pengalaman menonton yang lancar telah mendorong pertumbuhan layanan streaming beriklan di Indonesia. Hasil riset Magnite menunjukkan bahwa layanan streaming telah menjadi saluran yang sangat berpengaruh, dan merek harus mempertimbangkannya dalam strategi media mereka, mengingat tingginya tingkat interaksi pemirsa dengan konten streaming yang diselingi iklan melalui berbagai perangkat.”
Informasi menarik dari hasil riset Magnite:
1. Layanan streaming sangat penting bagi keluarga di Indonesia; 86% pemirsa konten streaming yang diselingi iklan menganggapnya sebagai kebutuhan. Hampir 7 dari 10 pemirsa mengklaim menonton lebih banyak konten streaming yang diselingi iklan dibandingkan tahun sebelumnya.
2. Pemirsa konten streaming yang diselingi iklan bersedia memberikan informasi tentang preferensi mereka untuk pengalaman iklan yang lebih relevan. Penyesuaian jenis iklan dengan preferensi ini mampu meningkatkan kinerja iklan dengan baik, menarik perhatian 94% pemirsa terhadap iklan yang relevan dengan minat mereka.
3. Konten streaming lebih menarik perhatian pemirsa dibanding media sosial; 94% pemirsa konten streaming yang diselingi iklan menghabiskan waktu lama saat menonton. Di sisi lain, 89% pengguna media sosial cenderung cepat menggeser feed mereka hingga menemukan konten yang menarik bagi mereka.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai hasil riset Magnite, silakan kunjungi di sini. Riset lebih lanjut untuk setiap negara akan segera diluncurkan.