JAKARTA, 17 Januari 2024 – Operator kereta api umum milik negara, Kereta Api Indonesia (KAI), sukses melakukan migrasi beban kerja sistem tiket kereta api on-premise dari Oracle Exadata ke Oracle Exadata Cloud@Customer di Oracle Cloud Infrastructure (OCI). Keberhasilan ini terbukti meningkatkan kinerja operasional KAI sebanyak 50 persen, memungkinkan peningkatan kapasitas pengelolaan penumpang hingga 15 persen dibandingkan masa sebelum pandemi COVID-19. Dengan solusi dari Oracle, PT. KAI telah mempersiapkan diri untuk mengatasi lonjakan penumpang saat ini, mencapai peningkatan 5x lipat dari masa pandemi, sambil mencapai penghematan biaya sebesar 30 persen. Selain itu, melalui Oracle Exadata Cloud@Customer, KAI dapat mengakses platform database Exadata sebagai layanan cloud di data center-nya sendiri, memenuhi persyaratan kedaulatan dan kepatuhan data lokal.
Dengan operasional yang mencakup pengangkutan sekitar 429 juta penumpang dan 47,2 juta ton kargo setiap tahun, KAI, yang sudah beroperasi sejak 1800-an, terus berupaya meningkatkan operasionalnya untuk mengikuti perkembangan permintaan penumpang dan bisnis. Tantangan seperti proses tiket yang lambat, teknologi lokal yang terbatas, dan biaya perangkat keras yang tinggi telah menjadi fokus perbaikan. KAI mencari infrastruktur cloud database yang dapat memberikan kinerja, stabilitas, dan ketersediaan database tinggi untuk mendukung beragam aplikasi dan sistem yang kritis. Selain itu, kebutuhan untuk menempatkan sistem ini di data center sendiri diutamakan untuk memenuhi aspek kedaulatan dan kepatuhan data lokal, serta memungkinkan perluasan sistem dan layanan sesuai dengan pertumbuhan bisnis.
Pilihan KAI jatuh pada Oracle Exadata Cloud@Customer sebagai infrastruktur database cloud yang dapat memenuhi kebutuhan mereka dan mendukung pertumbuhan bisnis.
Albertus Indarko Wiyogo, Executive Vice President, Information Technology, Kereta Api Indonesia, menyatakan, “Pemindahan beban kerja sistem tiket kereta api KAI ke cloud telah merevolusi sistem operasi kereta api kami. Oracle telah menjadi mitra teknologi yang luar biasa selama lima tahun terakhir dengan solusi database-nya, dan kini, Oracle Exadata Cloud@Customer terbukti menjadi platform terbaik untuk strategi digitalisasi jangka panjang kami. Meningkatkan kinerja operasional sebesar 50 persen dan kapasitas manajemen penumpang hingga 15 persen dalam hitungan bulan, dengan tingkat keamanan database yang tinggi, bukanlah tugas yang mudah. Kami senang dapat melanjutkan kerja sama jangka panjang kami dengan Oracle.”
Oracle Exadata Cloud@Customer menghadirkan performa, otomatisasi, dan keekonomisan dari Exadata Database Service dan Autonomous Database yang dikelola secara penuh di pusat data perusahaan. Solusi ini berjalan di pusat data KAI, memenuhi ketentuan ketat residensi data di Indonesia, dan menggabungkan optimasi yang unik, memungkinkan Oracle Database beroperasi lebih cepat dengan pengelolaan yang lebih efisien dan biaya lebih rendah, memberikan nilai tambah dari data.
Rusly Askar, Managing Director, Oracle Indonesia, menyatakan, “Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki misi untuk menciptakan pemerintahan yang bertransformasi secara digital. Layanan publik membutuhkan sistem cloud terintegrasi yang dapat diperbarui mandiri dengan inovasi baru, memberikan kinerja yang handal, dan memungkinkan staf memberikan informasi dan layanan yang lebih baik kepada masyarakat. Kami bangga dapat menjadi bagian dari perjalanan ini bersama KAI dan berharap untuk membuka lebih banyak lagi kemungkinan guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan bisnis yang terus berkembang di Indonesia.”