Jakarta, 30 November 2021 – Hari ini HP Inc. mengumumkan perluasan kolaborasi dengan ePac Flexible Packaging (ePac) untuk menghadirkan solusi inovatif bagi brand kecil dan menengah di Asia Pasifik (APAC), yang dapat memenuhi peningkatan permintaan kemasan berkualitas tinggi dan ramah lingkungan. Mesin HP Indigo Digital Press mendorong semakin populernya flexible packaging, agar brand dapat mencetak
kemasan ukuran apa pun secara virtual dengan variasi yang tak terbatas sesuai dengan permintaan, sehingga brand semakin gesit dalam beroperasi dan bisa mengurangi limbah manufaktur. Hal ini dicapai dengan akurasi dan konsistensi warna cetak yang tepat, memberikan keunggulan yang sangat dibutuhkan dalam desain produk baik bagi brand baru maupun yang sudah ternama, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus menjaga lingkungan dengan percaya diri.
Sejak berdiri pada 2016, ePac telah berkembang menjadi kekuatan besar dalam digital printing dengan perkiraan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 80%. Pada tahun 2020, ePac mengumumkan tahap akselerasi pasar berikutnya dengan penambahan 26 mesin cetak digital HP Indigo baru, dengan lebih dari 50 mesin cetak saat ini tersedia di 20 lokasi di seluruh dunia dan akan terus bertambah.
Selama 18 bulan terakhir, HP dan ePac telah memperkuat langkah mereka di pasar Asia untuk menjawab perubahan perilaku konsumen yang dipercepat oleh pandemi global. Ekspansi ini juga termasuk ke Indonesia, dengan pemasangan dua mesin cetak digital HP Indigo 20000. Setelah itu, diluncurkan pula masing-masing dua mesin cetak digital HP Indigo 25000 pertama di Australia dan Korea Selatan.
September lalu, ePac mengumumkan pembukaan fasilitas manufaktur pertamanya di Melbourne, Australia1, yang membuktikan pertumbuhan pesat perusahaan yang difasilitasi oleh teknologi dan dukungan global HP Indigo.
“Waktu produksi kami yang cepat, tanpa biaya setup, dan proses digitalisasi dari komputer hingga mencetak memungkinkan kami mendukung brand kecil dan menengah mendapatkan kualitas kemasan yang lebih tinggi dengan pesanan minimum yang rendah dan waktu yang cepat untuk mencapai pasar,” kata Ijo Wira, General Manager, ePac Flexible Packaging, Jakarta. “Kolaborasi strategis dengan HP Inc. ini telah dan akan memungkinkan kami untuk terus mentransformasikan industri flexible packaging, dan pada akhirnya memberi dampak besar dalam kategori baru untuk melayani lebih banyak brand dan komunitas, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.”
Pada tahun 2021, pasar flexible packaging global diperkirakan akan mencapai US$248,6 miliar, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 4,1% sejak 2016. Pasar ini diperkirakan akan tumbuh sebesar 3,2% dan bernilai US$291,5 miliar pada tahun 20262. Dapur Cokelat, sebuah bisnis lokal di Indonesia yang bergerak khusus di bidang kue dan cokelat, telah beralih ke ePac untuk mengembangkan skala bisnisnya dan meningkatkan persepsi brand. Memanfaatkan terobosan teknologi pengemasan, bisnis berusia 20 tahun ini berhasil mengubah tas kosong dengan label menjadi flexible packaging yang terlihat profesional, serta beralih ke model pesanan-ke-permintaan yang meminimalkan inventaris dan mengurangi jejak lingkungan yang dihasilkan dari pengemasan sebelumnya.
“HP menyadari semakin pentingnya flexible packaging saat dunia mengalihkan fokus untuk menggunakan bahan yang lebih inovatif dan ramah lingkungan. Kami berharap dapat memungkinkan lebih banyak converter seperti ePac untuk tetap kompetitif dan menyediakan solusi pengemasan berkualitas tinggi kepada pelanggan mereka,” kata Arnon Goldman, General Manager dan Director of APJ Industrial Graphics, HP. “Tujuan kami adalah terus berinovasi dengan pelanggan kami dan memberikan nilai baru kepada mitra dan brand dengan HP Indigo, untuk memungkinkan mereka terus tumbuh di industri yang berkembang pesat. Kami senang dapat mewujudkan ini dengan ePac dan mendukung perjalanan mereka untuk bertransformasi bersama dengan pelanggan.”
HP terus memimpin masa depan pencetakan digital dan berkomitmen untuk melayani dan bertransformasi bersama pelanggan di semua segmen pasar, termasuk flexible packaging, karton lipat, label, komersial, foto, dan penerbitan.