JAKARTA, 20 Juli 2023 – Era digital telah membuka peluang yang besar bagi pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Melihat potensi ini, Grab, sebagai superapp terkemuka di Asia Tenggara, berkomitmen memberdayakan UMKM dengan aplikasi sederhana dan efisien guna bersaing dalam ekonomi digital.
Contoh sukses datang dari Asina dan Saipul, pemilik usaha Pempek Duo Putri, yang berhasil mengembangkan usaha kuliner kaki lima mereka menjadi restoran yang sukses berkat layanan Grab. Pada awalnya, Pempek Duo Putri hanya berupa gerobak pinggir jalan yang berjualan di asrama, kos-kosan, dan lingkungan sekitar. Dengan usaha gigih dan pemilihan bahan berkualitas, Pempek Duo Putri berhasil memenangkan hati pelanggan dan mencapai reputasi yang baik.
Meski menghadapi tantangan selama pandemi COVID-19, Pempek Duo Putri mampu bertahan dan bahkan meningkatkan penjualan lebih dari 100%. Keberhasilan ini tak lepas dari pemanfaatan teknologi digital bersama Grab. Pasca pandemi, mereka beralih ke GrabAds, solusi periklanan yang bisa diakses melalui aplikasi GrabMerchant. Dengan beriklan secara terarah, Pempek Duo Putri mampu meningkatkan visibilitas restorannya dan menjangkau konsumen dalam radius 5 km. Hasilnya, penjualan mereka meningkat secara signifikan, mengukuhkan posisi mereka di kawasan sekitar.
Asina menegaskan, “Seiring dengan perkembangan era digital ini, penting bagi usaha kecil seperti kami untuk mengikuti perubahan dan inovasi bisnis. Kami merasa Grab dan GrabAds mudah digunakan, apalagi ada di dalam satu aplikasi GrabMerchant. Kami yang awalnya gaptek pun jadi mudah paham.”
Melinda Savitri, Country Head of Marketing Grab Indonesia, menyatakan komitmen Grab untuk mendukung UMKM di Indonesia. “Kami sepenuh hati berkomitmen untuk memberikan dukungan dan menyediakan solusi teknologi yang dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan bisnis UMKM di masa depan.”
GrabAds menawarkan beragam fitur, termasuk kampanye iklan berdurasi lebih lama dengan mengkombinasikan pencarian (Search) dan iklan gambar (Image Ads), serta kemampuan untuk menargetkan konsumen baru dan pelanggan setia serta mempromosikan menu-menu spesial atau diskon bagi UMKM.
Ke depannya, Grab akan terus membantu UMKM beradaptasi dengan ekonomi digital, memberikan solusi digital untuk membangun kehadiran online, mengakses segmen konsumen baru, dan menyederhanakan proses operasional. Dukungan GrabAds menjadi salah satu langkah konkret dalam membantu UMKM meraih kesuksesan di era digital.