- Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melamar kerja adalah mencari sumber informasi, lowongan seperti media cetak (koran kompas), internet, career center, network, dan agency (outsourching).
- Langkah kedua, memilih lowongan kerja.
Ya pilih lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan anda. Ada pun yang harus diperhatikan dalam memilih lowongan kerja, Seperti:
- Mencari informasi mengenai posisi yang akan dipilih.
- Mencari informasi mengenai perusahaan pemberi kerja.
- Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan.
- Kesesuaian antara keadaaan diri dengan persyaratan jabatan.
- Langkah ketiga, membuat surat lamaran. Perlu diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran, seperti :
- Kertas berwarna netral.
- Jenis dan ukuran font standard.
- Ukuran kertas A4.
- Surat lamaran dan daftar riwayat hidup diketik rapi, ringkas dan jelas (cantumkan posisi yang dituju, tanggal & tanda tangan, alamat & tempat tinggal, no telp yang dapat dihubungi dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti).
- Langkah keempat, pengiriman dokumen lamaran. Ada 3 cara dalam pengiriman dokumen tersebut, seperti:
- Melalui pos (alamat penerima dan pengirim harus jelas).
- Melalui email (rutin membaca email dan pertimbangkan besar file).
- Datang langsung ke perusahaan (walk in interview).