Cara Melamar Kerja Yang Baik

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melamar kerja adalah mencari sumber informasi, lowongan seperti media cetak (koran kompas), internet, career center, network, dan agency (outsourching).
  2. Langkah kedua, memilih lowongan kerja.

Ya pilih lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan anda. Ada pun yang harus diperhatikan dalam memilih lowongan kerja, Seperti:

  1. Mencari informasi mengenai posisi yang akan dipilih.
  2. Mencari informasi mengenai perusahaan pemberi kerja.
  3. Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan.
  4. Kesesuaian antara keadaaan diri dengan persyaratan jabatan.
  5. Langkah ketiga, membuat surat lamaran. Perlu diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran, seperti :
  6. Kertas berwarna netral.
  7. Jenis dan ukuran font standard.
  8. Ukuran kertas A4.
  9. Surat lamaran dan daftar riwayat hidup diketik rapi, ringkas dan jelas (cantumkan posisi yang dituju, tanggal & tanda tangan, alamat & tempat tinggal, no telp yang dapat dihubungi dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti).
  10. Langkah keempat, pengiriman dokumen lamaran. Ada 3 cara dalam pengiriman dokumen tersebut, seperti:
  11. Melalui pos (alamat penerima dan pengirim harus jelas).
  12. Melalui email (rutin membaca email dan pertimbangkan besar file).
  13. Datang langsung ke perusahaan (walk in interview).

Sumber: ( https://www.kompasiana.com/andri_ferdana/beberapa-cara-teknik-melamar-kerja-interview-kerja-yang-baik_55206258a33311db4646ce26 )

Related posts

Leave a Reply