Kemenpar Gandeng Media Dan Oleh-Oleh Artis, Gaungkan Pesona Mudik 2018

Jakarta, 6 Juni 2018 – Kementerian Pariwisata kembali menggelar Buka Puasa Bersama Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) dan Menteri Pariwisata, yang ditahun ini bertema “Forwapar Ngabuburit Bareng Menpar” diselenggarakan di Jimbaran Lounge, Ayana Mid Plaza Jakarta pada hari Rabu 6 Juni 2018.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk media gathering semi formal dengan mengundang 100 wartawan dari media online, elektronik, dan cetak nasional.
Untuk memeriahkan acara, diadakan berbagai games seperti lomba kostum mudik, lomba peta mudik, dan lomba membuat ketupat, dan lomba merangkai parcel.

Yang membuat berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan Ngabuburit dengan Forwapar ini, disinergikan dengan Launching dan Press Conference Pesona Mudik 2018 Bersama Oleh-oleh Artis, dimana kedua acara tersebut merupakan rangkaian acara dari tema besar “Pesona Mudik 2018”.

Seperti yang sudah diketahui, Kemenpar telah menjalin kerjasama co-branding dengan lebih dari 100 brand, dimana 37 brand diantaranya adalah brand oleh-oleh artis kekinian yang ikut membantu mempromosikan program wisata mudik lebaran di berbagai kota seperti Bogor, Yogyakarta, Solo, Makassar, dan banyak lagi. Para artis sekaligus pemilik oleh-oleh artis entrepreneur seperti Prilly Latuconsina, Fitri Carlina, Teuku Wisnu Zaskia Sungkar, Oki Setiana Dewi, Syahrini, Ricky harun, dan Herfiza akan hadir dalam launching tersebut.

Hal ini sejalan dengan pendapat Menpar Arief Yahya bahwa para selebritas adalah endorser yang luar biasa bagi kampanye pariwisata.

“Para selebritas ini sekaligus akan menjadi endorser yang luar biasa bagi kampanye pariwisata kita. Seperti sudah sering saya bahas, untuk strategi media saya punya jurus yang saya sebut POSE: paid, owned, social media, dan endorser. Tiga yang pertama yaitu: paid media, owned media, social media dijadikan satu, saya namakan convergence media. Sementara unsur keempat yaitu endorser punya peran yang tak kalah penting. Karena, dalam marketing siapa yang bicara itu sangat penting. Apalagi di Indonesia, siapa tokoh yang berbicara jauh lebih penting lagi”, kata Menpar Arief.

Program ini merupakan bentuk co-creation dalam kerjasama co-branding. Inisiatif co-branding partnership ini dilakukan Kemenpar untuk mencapai tiga tujuan strategis. Pertama, untuk semakin mendongkrak brand equity dari brand Wonderful Indonesia di pasar global dan brand Pesona Indonesia di pasar domestik dalam menopang terwujudnya sektor pariwisata sebagai core economy Indonesia. Dengan co-branding partnership diharapkan terjadi sinergi dan “leverage effect” untuk mendongkrak value kedua brand.

Kedua, mengembangkan penetrasi pasar dan memperluas exposure brand WI/PI dengan memanfaatkan market network yang dimiliki oleh brand/perusahaan baik di pasar domestik maupun global. Melalui co-branding partnership ini diharapkan brand WI/PI dan brand/perusahaan dapat saling memanfaatkan customer base masing-masing.

Ketiga, dengan co-branding partnership akan terwujud sharing resources antara kedua brand. Co-branding akan menghasilkan penghematan biaya promosi yang substansial karena dengan berpartner maka biaya promosi akan ditanggung secara bersama.

“Branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara sendirian oleh Kemenpar. Untuk mewujudkan brand WI di pasar global dan brand PI di pasar domestik dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated. Untuk itu dengan peran media dan endorser, berkolaborasi dan bekerja bersama-sama kita akan ‘bigger-broader-better together,” kata Menpar Arief.

Kegiatan Pesona Mudik 2018 hari ini, didukung penuh oleh Ayana Midplaza Jakarta, serta BRI dan Rumah Zakat sebagai mitra co-branding. Mengusung semangat Indonesia Incorporated, program ini adalah sinergi yang cemerlang antara pemerintah dengan pihak swasta.

Secara bersamaan, di Gedung Sapta Pesona selama dua hari (6-7 Juni 2018) juga diselenggarakan bazar oleh-oleh artis bekerja sama dengan BRI dan Rumah Zakat. Beberapa brand oleh-oleh artis yang akan meramaikan bazar ini adalah Gigieat Cake, Really Cake, Bebely Cake, Princess Cake, Bandung Kunafe, Cirebon Kelana, Bogor Rain Cake, Batik Trusmi, Solovely Cake dan sebagainya.

Pada bazar ini dan selama event mudik, BRI akan memberikan promo menarik pada setiap pembelian baik saat bazar maupun di outlet. Selain itu, setiap transaksi juga sekaligus akan dialokasikan untuk sedekah yang akan dikompilasi oleh Rumah Zakat. Berbagai aktivasi terutama di social media dan program sales promo akan dilakukan di outlet-outlet brand oleh-oleh artis selama event mudik nanti.

Related posts

Leave a Reply