CENGKARENG – 11 JUNI 2018 – Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group memberikan keterangan bahwa penerbangan internasional bernomor JT162 yang telah melayani rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang (CGK) tujuan Bandar Udara Internasional Changi, Singapura (SIN) berjalan normal kembali, Minggu (10/ 6).
Dalam penerbangan ini menggunakan Boeing 737-900ER (B739), pesawat lepas landas dengan jadwal terbaru pukul 14.22 WIB dari jadwal seharusnya pukul 13.45 WIB. Lion Air JT162 telah mendarat di Singapura pada 16.52 SGT.
Lion Air menyampaikan klarifikasi terkait dengan keterlambatan penerbangan JT162 disebabkan karena salah satu penumpang wanita berinisial JN (37) yang sesuai boarding pass bernomor kursi 25F harus diperiksa oleh petugas keamanan bandar udara (aviation security/ avsec) Soekarno-Hatta dan airlines security Lion Air, dikarenakan koper barang bawaan kabin yang bersangkutan di dalamnya telah ditemukan benih lobster dalam cairan yang dibungkus plastik. Temuan tersebut terjadi pada saat JN melewati jalur pemeriksaan keamanan 2 terminal keberangkatan (security check point/ SCP 2).
Atas kejadian tersebut, seluruh barang bawaan dan bagasi penumpang diturunkan untuk dilakukan pemeriksaan ulang (screening). Dengan kerjasama yang baik antara petugas layanan darat (ground handling), avsec Soekarno-Hatta Airport dan avsec Lion Air pengecekan bagasi dilakukan secara teliti dan benar, sehingga tidak ditemukan barang bawaan serupa.
Lion Air tidak menerbangkan (offload) JN dan penanganan dilakukan dengan tepat sesuai prosedur, yang selanjutnya diserahkan kepada Bea Cukai serta pihak terkait untuk penyelidikan lebih lanjut.
Lion Air menghimbau kepada seluruh pelanggan dan masyarakat bahwa terdapat barang-barang yang tidak boleh dibawa dalam bagasi jinjing dan/atau bagasi check-inberdasarkan prosedur layanan penerbangan, demi keamanan seluruh penumpang, kru dan pesawat.
Cairan bisa saja dibawa dalam bagasi jinjing di dalam wadah yang tidak lebih dari 100 ml (3,4 oz) per item. Setiap pelanggan diwajibkan untuk memasukkan semua cairan bersama-sama ke dalam satu kantong plastik transparan dan dapat disegel dengan volume tidak lebih dari 1 liter.
Untuk barang/ benda yang berupa cairan lainnya harus masuk dalam tas dan dibawa ke bagasi dengan catatan sudah terbungkus rapi dalam kantong plastik transparan.
Lion Air menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan bandar udara, pemerintah selaku regulator dan standar prosedur operasi (SOP) Grup Lion Air serta ketentuan internasional dalam menjalankan seluruh jaringan operasional.
Melalui kesempatan ini, Lion Air Group menghimbau kepada media, pelanggan dan masyarakat, untuk mengetahui perkembangan berikutnya hanya mengacu pada informasi yang diberikan secara resmi oleh Lion Air dan pihak terkait/ berwenang.