Orlando, 7 Juni 2018 – SAP SE (NYSE:SAP) hari ini berhasil mewujudkan ambisi mereka untuk mendisrupsi pasar customer relationship management (CRM) dengan secara resmi memperkenalkan rangkaian aplikasi terbarunya, SAP® C/4HANA, untuk meningkatkan pelayanan bisnis serta mempertahankan pelanggan. SAP juga memperkenalkan SAP HANA® Data Management Suite, solusi pengelolaan data komprehensif pertama yang memungkinkan perusahaan mengubah data yang tersebar menjadi bernilai. Kabar baik ini diumumkan oleh CEO SAP, Bill McDermott, pada gelaran konferensi tahunan mereka, SAPPHIRE NOW®.
SAP C/4HANA merupakan sebuah penawaran terintegrasi yang dirancang untuk memodernisasi solusi CRM yang hanya berfokus kepada sales. Setelah rampungnya akuisisi dari pemimpin pasar Hybris, Gigya, serta Callidus Cloud, kini SAP menghubungkan berbagai solusi demi menyokong semua fungsi front-office, seperti pengamanan data pelanggan, pemasaran, perdagangan, dan layanan pelanggan.
“SAP menjadi yang terakhir dalam menerima status quo CRM, dan sekarang menjadi pihak pertama yang mengubahnya,” kata McDermott. “Sistem CRM lama hanya seputar penjualan; SAP C/4HANA berfokus kepada pelanggan. Kami menyadari bahwa setiap bagian dari bisnis perlu difokuskan kepada kepentingan pelanggan. Ketika Anda menghubungkan semua aplikasi SAP bersama-sama di dalam rangkaian cloud pintar, rantai permintaan secara langsung mendorong perilaku rantai pasokan.”
Dibangun berdasarkan reputasi perusahaan penyedia berbagai solusi bisnis end-to-end, rangkaian SAP C/4HANA terbaru akan menawarkan intergrasi penuh dengan portfolio aplikasi bisnis SAP, dipimpin oleh rangkaian ERP terkemukanya, SAP S/4HANA®. Kombinasi antara aset-aset menonjolkan kemampuan machine learning terbaru dari SAP Leonardo, yang diperkenalkan tahun lalu, serta SAP HANA Data Management Suite terbaru yang memungkinkan perusahaan mendapatkan visibilitas serta kontrol atas distribusi tinggi data mereka. Strategi menyeluruh perusahaan, yang difokuskan untuk membantu bisnis berjalan sebagai perusahaan yang cerdas, menyoroti permintaan untuk pendekatan terhadap otomatisasi di tempat kerja.
Untuk memperluas penawaran solusi layanan pelanggannya, SAP juga mengumumkan telah mengakuisisi Coresystems AG yang berbasis di Swiss untuk meningkatkan pengalaman pelanggan layanan lapangan, terutama dalam industri manufaktur, energi, high-tech dan telekomunikasi. Layanan platform Coresystems menyediakan penjadwalan real-time untuk permintaan layanan pelanggan dan menggunakan teknologi crowd service dengan menggunakan kecerdasan buatan. Hal ini memperluas opsi teknisi layanan untuk menyertakan karyawan perusahaan, pekerja lepas dan mitra industri untuk merekrut teknisi berkualifikasi terbaik dengan mempertimbangkan keahlian, lokasi, dan ketersediaan ahli layanan perorangan.
Pengumuman ini datang di tengah-tengah Peraturan Perlindungan Data Umum Eropa terbaru yang mulai berlaku pada 25 Mei. Perubahan peraturan yang sangat besar telah menyebabkan bisnis untuk melihat secara kritis investasi CRM lama mereka.
Mengelola Data untuk Merangkul Pelanggan
Semua sistem mengandalkan data, namun tantangan yang dihadapi perusahaan saat ini adalah data yang terdistribusi – data yang tidak hanya dalam sistem transaksional tetapi tersebar di seluruh produk, mesin dan orang. Ini adalah tentang data yang harus dicerna, disiapkan dan dibuat menjadi relevan untuk bisnis enterprise. SAP HANA Data Management Suite memungkinkan perusahaan untuk mengubah data dalam jumlah besar – baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur — menjadi pengetahuan yang bermanfaat dan bermanfaat, di mana pun itu berada. SAP HANA Data Management Suite memungkinkan pelanggan untuk memaksimalkan potensi data mereka secara aman, sederhana dan efisien.
Kunjungi SAP News Center serta Follow SAP di Twitter: @sapnews