JAKARTA – Retail Media Network terbukti menjadi saluran periklanan yang signifikan bagi para pemasar di Indonesia, dengan proyeksi CAGR (Laju Pertumbuhan Tahunan) tertinggi di Asia Tenggara. Bahkan, belanja iklan RMN di Indonesia diperkirakan akan melonjak sebesar 219% dari tahun 2023 hingga 2030, dan akan memiliki CAGR sebesar 13,41%. Angka ini 1,9x lebih tinggi dari proyeksi pertumbuhan global, menegaskan semakin pentingnya RMN sebagai platform beriklan utama bagi brand dan pemasar di Indonesia (lihat gambar 1 di bawah).
Data di atas diperoleh dari studi terbaru yang dilakukan oleh GrabAds, sebuah layanan iklan dari superapp terdepan di Asia Tenggara, Grab, bersama Kantar, salah satu perusahaan riset terkemuka untuk periklanan. Secara global, belanja iklan RMN diperkirakan akan meningkat hingga 73% dalam tujuh tahun ke depan, melampaui tingkat pertumbuhan di bidang pencarian (47%) dan sosial (45%).
Retail Media Network adalah ekosistem ritel yang menggunakan data pihak pertama untuk membuat iklan yang sesuai dan ditargetkan kepada konsumen tertentu, sehingga dapat memberikan dampak maksimal bagi brand maupun pengiklan, sambil memastikan pengukuran iklan yang tepat. Retail Media Network (RMN) memanfaatkan data unik pengguna untuk mengoptimalkan kampanye iklan (close the advertising loop), dan membuat pengiklan bisa lebih tepat sasaran dalam menyasar konsumen dan mengukur langsung seberapa efektifnya iklan yang dijalankan pada saat mereka melakukan pembelian.
GrabAds dan Kantar melihat para brand di Asia Tenggara akan melakukan investasi di RMN tahun ini, dengan proyeksi pertumbuhan belanja iklan dari tahun ke tahun akan meningkat dari 8% di tahun 2024 menjadi 11% di tahun 2030.
Berdasarkan studi Kantar Media Reactions 2022, RMN berhasil menduduki peringkat pertama dalam hal ekuitas iklan di berbagai media. Ekuitas iklan mengukur seberapa baik pesan iklan diterima konsumen, dan kampanye iklan dengan ekuitas iklan positif terbukti berdampak 7 kali lebih efektif. Selain itu, hal ini terbukti dengan Grab menjadi superapp dengan ekuitas iklan tertinggi di Indonesia berdasarkan data pada Kantar Media Reactions 2023.
“RMN memungkinkan pengiklan maupun brand untuk menayangkan iklan yang relevan kepada konsumen dengan menampilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan perilaku mereka di setiap perjalanan pembelian konsumen. Pendekatan periklanan ini dapat membantu brand untuk memberikan nilai tambah bagi konsumen, tanpa mengganggu pengalaman berbelanja konsumen di aplikasi,” ujar Katie McClintock, Regional Managing Director, Kantar.
“Untuk dapat memberikan makna yang berkesan dan berbeda kepada konsumen, brand perlu memahami kebiasaan dan perilaku mereka. Kami di Kantar melihat bahwa RMN melalui penggunaan data pihak pertama dari transaksi konsumen, dapat menjadi saluran ataupun alat bagi brand untuk memberikan nilai besar dan diferensiasi brand yang kuat bagi konsumen.”
Superapp mendorong pertumbuhan RMN dengan menawarkan pengalaman ‘belanja hybrid’
Berbeda dengan jenis RMN lainnya yang hanya mencakup tahapan pembelian tertentu, RMN pada superapp, seperti Grab, dapat mencapai konsumen di semua tahap perjalanan pembelian mereka, mulai dari pengenalan akan produk (awareness) hingga pembelian (purchase). Hal ini mencakup pengalaman berbelanja omnichannel yang melibatkan belanja di toko fisik maupun secara online. Bahkan, 79% pembeli di Asia Tenggara telah menggunakan saluran online dan offline, dan penggunaan keduanya meningkatkan kemungkinan penerimaan iklan positif sebesar 5%.