JAKARTA, 5 Januari 2018 – Walau kemeriahan Online Revolution (Revolusi Online) telah berakhir pertengahan Desember 2017 lalu, namun ‘animo berbelanja online’ kali ini telah membuka pintu yang terbuka luas bagi pembeli maupun penjual untuk berinteraksi. Setelah sukses besar di bulan Desember 2017 menginisiasi program Bulan Jualan Online Nasional (BUJONAS) bagi para seller baru di platform marketplace, Lazada kembali mengukuhkan komitmen mendukungan para UMKM di awal tahun 2018 ini.
Jonathan, Pemilik Ayako Fashion, Meraup Keuntungan Besar Lewat Program BUJONAS
Berdasarkan data iPrice yang dikeluarkan akhir tahun 2017 (Q4), dan data similarweb. Pada bulan Januari hingga November 2017, Lazada terbukti menjadi destinasi pilihan belanja online no 1 masyarakat Indonesia. Ini juga terlihat dari tingginya antusiasme konsumen saat Online Revolution kemarin, sehingga tidak mengherankan bila Lazada Indonesia mencatat kenaikan Gross Merchandise Value (GMV) hanya pada tanggal 12 Desember sebesar lebih dari 10x bila dibandingkan hari biasa, dengan sebagaian besar seller di marketplace juga menikmati kenaikan transaksi yang signifikan.
Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia “Sukses besar Online Revolution dan partisipasi Lazada dalam Harbolnas memberi dampak yang luar biasa besar bagi pecinta belanja online di Indonesia, selain banyaknya pilihan barang untuk mereka beli juga terbukanya kesempatan bagi para seller dan UMKM untuk memberikan pelayanan terbaik mereka kepada konsumen di seluruh Indonesia. Dengan keberhasilan program BUJONAS bulan Desember lalu para seller dan UMKM merasakan kepuasan dari peningkatan angka penjualan yang besar dan mendapatkan kesempatan tokonya dipromosikan oleh Lazada, ini juga menjadikan Lazada sebagai pilihan platform terbaik bagi para pembeli dan penjualnya.”
Program Bulan Jualan Online Nasional (BUJONAS) yang sudah berlangsung sejak awal Desember 2017 lalu berhasil mendorong ribuan UMKM berjualan online untuk pertama kalinya dan mengunakan momentum Harbolnas juga Year End Sale untuk meningkatkan transaksinya serta menjadi modal sukses berjualan online di marketplace dalam jangka panjang. Momentum tersebut dimanfaatkan oleh Ibu Umi Tursini pemilik toko Salvo Shoes yang berdomisili di Malang Jawa Timur, “Pada Harbolnas kemarin hanya dalam 3 hari pada tanggal 12, 13 & 14 Desember, kami mendapatkan order yang luar biasa banyaknya, sekitar 12,000 order atau setara dengan peningkatan lebih dari 500% dibanding hari biasa. Sebagai pemilik usaha saya sangat bahagia, dan saya yakin ini tidak lepas dari program BUJONAS Lazada dimana para seller diberi kesempatan untuk mendapatkan subsidi gratis ongkir, bebas penalty dan seller voucher.” Ibu Umi menjelaskan.
Sama hal dengan Ibu Umi, Seller asal Jakarta Bapak Jonathan yang memiliki toko Ayako Fashion — mengatakan “Fokus kami berjualan pakaian wanita di Lazada, dan pada saat Harbolnas kemarin kenaikan pesanan yang kami dapatkan sampai dengan 600% dari hari biasanya, sempat kaget dan melebihi ekspetasi, sungguh luar biasa! Saya rasa kesempatan seperti ini perlu dimanfaatkan dengan baik oleh para seller untuk mengembangkan usahanya.”
Sebagai komitmen serius Lazada kepada UMKM Indonesia, di awal tahun 2018 ini Lazada akan meluncurkan versi terbaru dari Lazada University dalam waktu dekat. Dimana Lazada akan membantu seller baru maupun seller yang saat ini sudah bergabung di Lazada untuk dapat terus mengembangkan usahanya melalui berbagai pelatihan dan pendampingan. Ini menempatkan Lazada sebagai platform terbaik untuk UMKM berjualan online yang diharapkan dapat berkontribusi pada perekonomian daerah masing-masing dan Indonesia secara keseluruhan.
Tentang Lazada
Diluncurkan pada tahun 2012, Lazada merupakan destinasi belanja dan berjualan online nomor satu di Asia Tenggara – hadir di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Sebagai pelopor ekosistem eCommerce di Asia Tenggara, Lazada membantu lebih dari 135.000 seller lokal dan internasional serta 3.000 merek yang melayani 560 juta konsumen di kawasan ini melalui platform marketplace nya, didukung oleh berbagai macam layanan pemasaran yang unik, layanan data, dan layanan jasa lain yang disesuaikan. Dengan lebih dari 250 juta SKU yang tersedia, Lazada menawarkan produk terluas dalam kategori mulai dari barang elektronik konsumen hingga barang keperluan rumah tangga, mainan, fashion, perlengkapan olahraga dan kebutuhan sehari-hari. Dengan fokus menghadirkan pengalaman pelanggan terbaik, Lazada menghadirkan berbagai pilihan metode pembayaran termasuk cash-on-delivery (COD), pelayanan pelanggan yang komprehensif dan pengembalian barang tanpa kerumitan melalui jaringan pengiriman first dan last mile Lazada yang didukung oleh lebih dari 100 mitra logistik. Mayoritas kepemilikan Lazada Group dipegang oleh Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA).
Lazada Indonesia sendiri telah meraih penghargaan Platinum Award sebagai e-Commerce terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Business to Customer (B2C) dari idEA pada tahun 2016. Lazada juga memperoleh penghargaan Wow Brand sebagai Brand terbaik untuk e-commerce dari Marketeers pada awal tahun 2017. Pada tahun yang sama, Lazada Indonesia juga didaulat oleh Line sebagai official account dengan kampanye terbaik.