Jakarta, 10 Maret 2023 – Memperingati Hari Perempuan Sedunia yang jatuh setiap 8 Maret, Zipmex Indonesia, salah satu platform aset digital terbesar di Asia Pasifik, menggelar Instagram Live bertema “Trade Like a Girl: Mendorong Kesetaraan Gender Lewat Kripto”. Menghadirkan Erdina Oudang, Head of Public Policy Zipmex Indonesia dan Fira Nursya’bani dari Portal Kripto sebagai pembicara, topik acara ini mengangkat tema literasi kripto di kalangan perempuan untuk mendorong kesetaraan di ekosistem kripto di Indonesia.
Zipmex Indonesia menyoroti ketimpangan dan stereotip gender yang membuat sektor teknologi dan keuangan seolah merupakan bidang yang lebih dipahami laki-laki. Padahal, peluang bagi perempuan untuk mengambil andil besar dan peran penting dalam bidang ini terbuka sangat lebar.
Erdina menyampaikan hasil sebuah studi yang dilakukan oleh Crypto Head pada 2021 yang menyebut kurang dari 5% perusahaan kripto di dunia didirikan oleh perempuan. Tak hanya itu, survei yang dipublikasikan oleh TripleA.io baru-baru ini juga menyatakan secara global, hanya sekitar sepertiga investor kripto adalah perempuan.
Situasi yang mirip juga terjadi di Indonesia. Menurut data Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (ASPAKRINDO) pada 2021, investor kripto di Indonesia jumlahnya kurang lebih hanya 1 juta. “Padahal jumlah investor kripto yang tercatat pada saat itu sudah mencapai sekitar 5 jutaan, artinya, di tahun 2021 hanya 20% investor kripto di Indonesia adalah perempuan,” kata Erdina. Hal ini menjadi tantangan sekaligus pendorong utama bagi perusahaan-perusahaan investasi digital untuk lebih gigih melibatkan perempuan dalam praktik usahanya.
Kendati persentase investasi kripto terbilang masih kecil, keterlibatan perempuan dalam dunia kripto ini cukup memberi warna. “Menariknya juga, keterlibatan perempuan di ekosistem kripto menunjukkan karakteristik yang unik. Rata-rata komunitas yang dibuat oleh perempuan lebih inklusif dan tidak dibangun semata untuk mendapatkan uang semata, tapi juga untuk merangkul dan mengedukasi sesama perempuan,” Erdina menjelaskan.
Ia juga menyebut beberapa perempuan yang memiliki peran dan pengaruh signifikan di industri kripto. “Di Zipmex, misalnya, Chief Marketing Officer Proud Limpongpan, merupakan sosok yang memiliki pengalaman mumpuni dalam membangun dan membesarkan Zipmex, bahkan ketika kondisi perusahaan sedang naik-turun,” Erdina mengungkapkan.
Begitu pula dengan perempuan di dunia kripto Indonesia. Erdina memberikan beberapa contoh proyek kripto yang diprakarsai oleh perempuan, misalnya Artopologi yang merupakan marketplace karya seni yang disertai oleh sertifikat berbasis blockchain. Proyek ini diinisiasi oleh Intan Wibisono dan sudah berjalan sejak 2021. Selain itu, ada juga Robomot NFT yang membuka peluang kerja jarak jauh yang diinisiasi oleh Lia Sadia. “Bahkan, Asosiasi Blockchain Indonesia juga diketuai oleh perempuan, yaitu Asih Karnengsih. Beliau sangat berjasa dalam mendorong kolaborasi antara pelaku industri, meningkatkan kesadaran masyarakat, dan menjembatani komunikasi antara industri dan regulator,” Erdina menjelaskan.
Aset kripto juga dapat menjadi pilihan investasi perempuan dari berbagai kalangan. Mulai dari kelompok ibu rumah tangga, pengusaha skala mikro, bahkan untuk pelajar yang sebagian besar pemasukannya bersumber dari uang saku orang tua, investasi kripto bisa menjadi pilihan karena tidak membutuhkan dana besar untuk memulai. Pasalnya, Zipmex menawarkan peluang investasi kripto mulai dari Rp10.000.
“Agar sukses berinvestasi kripto, kita harus disiplin menggunakan “dana dingin” yang disisihkan untuk berinvestasi jangka panjang dan bukan “dana panas” yang biasanya digunakan sebagai dana keperluan sehari-hari. Investor juga bisa meminimalisir potensi kerugian dengan melakukan strategi DCA (Dollar Cost Averaging), caranya dengan secara rutin berinvestasi dalam rentang waktu tertentu,” tutur Erdina.
Sejalan dengan strategi yang disarankan, Zipmex juga baru saja meluncurkan program spesial “Goals with Zipmex” dengan misi membangun kebiasaan investasi yang konsisten dan disiplin bagi pengguna. Melalui program ini, Zipmex mengajak pengguna untuk berani menuliskan impian yang ingin dicapai dan bersama “Goals with Zipmex” merencanakan besaran target yang ingin didapatkan serta jangka waktu yang dibutuhkan.
“Setelah pengguna mendaftarkan diri di program Goals with Zipmex, kami akan terus memberikan dukungan dengan mengedukasi dan menghadirkan konten menarik untuk meningkat semangat investasi pengguna,” jelas Erdina.