Lewat Layanan Garda Akses Asuransi Astra Kembali Raih Contact Center Service Excellence Award

Jakarta, 16 April 2018 – Asuransi Astra tahun ini kembali meraih Contact Center Service Excellence Award untuk kategori asuransi mobil. Penghargaan yang diterima atas kinerja contact center Asuransi Astra, yaitu Garda Akses 1 500 112, ini diberikan oleh Majalah Service Excellence dan Carre – CCSL sebagai penyelenggara acara. Penghargaan ini diterima oleh Francisca Mulia selaku VP Service Management Asuransi Astra pada 10 April 2018 di Hotel Mulia, Jakarta.

Jika tahun lalu Asuransi Astra sebagai pemenang di kategori yang sama mendapatkan predikat Excellent, maka tahun ini, sebagai juara, predikat yang diberikan adalah Exceptional dengan nilai Contact Center Service Excellence Index sebesar 91.567 atau jauh lebih tinggi dibanding contact center para pesaing. Adapun nilai tersebut merupakan jumlah total dari tiga dimensi penilaian, yaitu Access, System & Procedure, dan People. Untuk Garda Akses nilai dari ketiga dimensi tersebut adalah: Access 99.250, System & Procedure 96.867, dan People 87.637.

Proses pemantauan kinerja contact center dilakukan selama enam bulan dari Juli hingga Desember 2017 dengan menggunakan metode mystery calling. Calling dilakukan secara acak – baik hari maupun jam pelaksanaannya, tetapi dengan perlakuan yang sama untuk tiap-tiap industri. Skenario yang digunakan adalah eksplorasi informasi produk. Setiap contact center dihubungi delapan kali per bulan atau 48 kali selama periode pemantauan, sehingga secara total dengan melibatkan 253 merek contact center, maka riset ini mempunyai setidaknya 12.144 data kinerja pelayanan call center.

Adapun penilaian performa call center didasarkan pada tiga customers touch point yaitu Access, System & Procedure, dan People. Customer touch point Access memiliki tiga atribut Key Performance Indicator (KPI) yang diukur, yaitu accessibility, availability, dan connection speed. Customers touch point System & Procedure memiliki tiga atribut KPI yang diukur, yaitu system, enjoying, dan service standard consistency. Sementara itu customers touch point People mengukur dua atribut KPI, yaitu soft skill dan hard skill.

Selain call center Garda Akses 1 500 112, media sosial Facebook @GardaOto dari Asuransi Astra juga menjadi juara dengan mendapatkan nilai Facebook Service Excellent Index sebesar 89.716. Hasil ini didapatkan dari tiga variabel yang dihitung meliputi Engaging sebesar 94.300, Human Touching sebesar 95.109, dan Navigating sebesar 82.031. Dengan fans mencapai lebih dari 300 ribu, akun @GardaOto menjadi salah satu saluran yang diminati pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan.

Usai menerima penghargaan, Francisca Mulia mengungkapkan kebahagiaan dan rasa syukurnya. “Kami berterima kasih atas segala kepercayaan yang pelanggan berikan hingga saat ini. Dan secara pribadi saya juga mengapresiasi tim contact center Garda Akses. Semoga penghargaan ini terus memotivasi kita untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” ungkapnya.

Tentang Asuransi Astra

Asuransi Astra telah hadir melayani pelanggan selama lebih dari setengah abad, tepatnya sejak 12 September 1956. Perusahaan yang dikenal dengan produk asuransi kendaran bermotor Garda Oto ini hadir melayani pelanggan melalui jaringan layanan yang tersebar di 27 kantor cabang, serta unit layanan dan Garda Center yang terus berkembang. Selain asuransi kendaraan bermotor, produk lain dari Asuransi Astra adalah asuransi industri pertambangan, asuransi industri agribisnis, asuransi ruko, asuransi SPBU, asuransi syariah, asuransi kesehatan Garda Medika, dan lain-lain.

Pada 2016, Asuransi Astra berhasil membukukan Premi Bruto (GWP) sebesar Rp4,7 triliun.

Kinerja Asuransi Astra selama ini pun telah diakui dengan berbagai penghargaan yang telah diterima, diantaranya: Platinum Indonesia Best Brand Award (2002-2016), Top Brand Award (2007-2016), Service Quality Award (2007-2016), Corporate Image Award (2007-2016), Indonesian Customer Satisfaction Award (2001-2016), Strategy Into Performance Execution Excellence Award (2014-2015), Asuransi Umum dengan kinerja keuangan sangat bagus dalam Infobank Insurance Award (2008-2016), Excellent Service Experience Award (2013-2016), Contact Center Award (2013-2016) Social Media Award (2012, 2016), Investor Best Syariah Award (2014), WOW Brand Award (2014-2015), dan lain-lain.

Dengan dukungan cabang dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia, layanan terbaik dan sederet pencapaian prestasi tersebut, tentunya tidak menghentikan langkah inovasi Asuransi Astra melalui produk-produk yang terbangun dari semangat baru Asuransi Astra untuk selalu memberikan kenyamanan dan ketenteraman bagi setiap pelanggan. Karenanya, Asuransi Astra akan menginvestasikan waktu dan upaya agar Anda selalu tersenyum. adalah hasil yang akan Asuransi Astra berikan kepada setiap pelanggan.

Related posts

Leave a Reply