Zipmex Ungkap Lakukan Langkah-Langkah Pemulihan Untuk Tangkal Informasi Yang Simpang Siur

Zipmex Indonesia
Zipmex Indonesia

Seremonia.id – Zipmex, salah satu platform jual beli aset digital terkemuka di Asia Tenggara, mengumumkan pernyataan terbaru mengenai situasi yang tengah dihadapi sejak pekan lalu. Pernyataan ini adalah wujud transparansi bagi seluruh pengguna, investor, publik, media, dan pihak terkait. Pernyataan ini juga mencakup fakta-fakta dan sikap kami untuk menghindari kesalah pahaman dan kesalahan penafsiran. Adapun poin-poin yang ingin disampaikan adalah sebagai berikut:

  1. Kronologi permasalahan dan kondisi terkini

Zipmex telah mendepositkan aset digital di Babel Finance dan Celsius sejak awal operasi ZipUp+. Pada 13 Juni 2022, Celsius melakukan penangguhan penarikan dari platform mereka. Namun, kami menilai bahwa jumlah neraca kami saat itu dapat menyerap potensi kerugian tersebut, sehingga kami telah menyetujui untuk menyerap potensi kerugian tersebut dan menghapus jumlah piutang. Sejak Babel Finance melakukan penangguhan penarikan dana, kami telah berupaya terus menerus untuk menghubungi mereka.

Guna mencegah volatilitas pasar jangka pendek, kami memutuskan untuk menghentikan sementara transfer antara Z Wallet dan Trade wallet. Hal ini bertepatan dengan pemeliharaan rutin dan terencana dari aplikasi dan server Zipmex. Di sisi lain, penarikan berjenjang pada dompet Perdagangan (Trade Wallet) melalui platform Zipmex dalam jumlah kecil telah dapat dilakukan mulai 22 Juli 2022.

  1. Proses pengajuan permohonan Moratorium di Singapura terhadap utang grup perusahaan Zipmex

Terkait dengan pengajuan moratorium di Singapura, sejumlah publikasi melaporkan bahwa Zipmex mengajukan permohonan pailit. Hal ini tidak benar adanya. Pengajuan moratorium pada Pengadilan Singapura oleh lima perusahaan dalam grup perusahaan Zipmex adalah “pengajuan moratorium atas utang” untuk memberikan waktu kepada perusahaan menemukan solusi atas masalah yang terjadi.

Secara hukum, hal ini tidak memengaruhi bisnis Zipmex Indonesia yang tetap berjalan seperti biasa.   

  1. Jalan yang Zipmex tempuh untuk mencapai solusi

Perusahaan sedang mengeksplorasi berbagai langkah yang tersedia. Pertama, kami tengah berupaya memulihkan aset dari Babel Finance. Kedua, kami sedang berada dalam diskusi tahap lanjut terkait proses fundraise, yang akan memungkinkan kami mengaktifkan kembali transfer dari Z Wallet.

Zipmex juga telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan dua investor. Zipmex dan investor juga mengakselerasi proses uji kelayakan (due diligence) agar kami dapat menghadirkan solusi bagi pengguna secepat mungkin.

Di saat yang bersamaan, investor eksisting Zipmex yang masih memiliki kepercayaan yang kuat terhadap perusahaan, telah menaruh investasi tambahan ke Zipmex Token (ZMT). Hal ini semakin memperkuat kepercayaan investor terhadap potensi ZMT dan ekosistem Zipmex. Selain itu, pengembangan ZMT berjalan sesuai roadmap yang direncanakan dan diinformasikan kepada pengguna dan publik.

  1. Kemajuan di Z Wallet

Dalam waktu kurang dari dua minggu, kami telah bernegosiasi dengan investor, berkoordinasi dan bersikap kooperatif dengan lembaga pemerintahan, serta berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi pengguna.  Sebagai wujud komitmen kami, kami melakukan stabilisasi pada sistem dan mulai mendistribusikan aset ADA, SOL, dan XRP ke Trade Wallet pengguna di minggu ini.

Beberapa aset kripto dijadwalkan untuk ditransfer dari Z Wallet ke Trade Wallet pengguna pada tanggal berikut::

  • Selasa, 2 Agustus 2022– SOL (100% jumlah aset pengguna di Z Wallet)
  • Kamis, 4 Agustus 2022 – XRP (100% jumlah aset pengguna di Z Wallet)
  • Selasa, 9 Agustus 2022– ADA (100% jumlah aset pengguna di Z Wallet) 

Secara lebih rinci, aset kripto di Z Wallet akan terdebit kemudian dikreditkan ke Trade Wallet pengguna. Proses ini berlangsung otomatis dan pengguna tidak perlu melakukan langkah apapun. Saat aset kripto sudah tersedia di Trade Wallet, pengguna dapat melakukan penarikan (withdrawal) sebagaimana biasanya.

Kami memahami bahwa saat ini masih banyak pengguna yang memiliki BTC, ETH, dan stable coins di Z Wallet. Kami berusaha untuk mendistribusikan kembali sebagian dari aset ini ke Trade Wallet, mulai pertengahan Agustus 2022. Pengguna dapat mengikuti jadwal pembukaan resmi setiap aset kripto melalui situs dan platform resmi Zipmex Indonesia.

Kami menyadari apa yang terjadi telah menciptakan ketidaknyamanan, ketidakpastian, dan keraguan. Kami akan senantiasa berupaya aktif untuk mengaktifkan kembali seluruh fitur dan layanan sesegera mungkin serta membangun kembali kepercayaan pengguna. Kami berterima kasih kepada seluruh pengguna, investor, dan pendukung yang telah bersabar dan terus mendukung perjalanan kami.

Untuk selengkapnya, pernyataan resmi ini dapat diakses di https://zipmex.com/id/announcements/official-statement-id-030822/.

Related posts

Leave a Reply