Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, DKRTH Gelar Sosialisasi di Car Free Day Masjid Al-Akbar Surabaya

Surabaya – Pagi ini, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya menggelar Kampanye Tiga Bulan Bersih Sampah guna memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2018, Minggu (11/2).

Bertempat di Car Free Day (CFD) Area Masjid Al-Akbar Surabaya, kampanye diikuti oleh sekitar 300 peserta gabungan dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), LSM Nol Sampah, LSM Tunas Hijau, Bank Sampah Induk dan perwakilan dari kecamatan di Surabaya.

Aditya Wasita, Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau pada Apel Persiapan Pelaksanaan yang digelar di Kecamatan Gayungan menyampaikan dalam rangka Kampanye Tiga Bulan Bersih Sampah guna memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, DKRTH mencoba di tempat tempat kegiatan yg melibatkan masyarakat banyak dan berpotensi terdapat banyak sampah.

Baca juga  Investree dan Amar Bank Berkolaborasi: Hadirkan Fitur Pendanaan 'Cash-in-Hand Premium

“Seperti kegiatan Car Free Day di Masjid Al-Akbar ini. Nantinya, kita akan mengedukasi masyarakat mengenai tidak membuang sampah sembarangan, harus pada tempatnya. untuk pedagang juga diharapkan segera memilah sampahnya sebelum membuang pada tempatnya. Kalau sampah sudah terpilahkan penanganannya jadi jauh lebih mudah” ujar Aditya.

Selain itu, Aditya juga menyampaikan, kegiatan ini juga untuk mensosialisasikan bahwa membuang sampah sembarangan merupakan pelanggaran Peraturan Daeran (Perda) No. 5 Tahun 2014 Pasal 43 dengan ancaman hukuman pidana kurungan 6 bulan atau denda Rp 50.000.000.

Setelah mengikuti Apel, Para peserta kampanye langsung menuju ke area CFD untuk mengambil sampah yang tidak pada tempatnya serta mensosialisasikan kepada pengunjung dan pedagang untuk tidak membuang sampah sembarangan.