Seremonia – GlobeNewswire

PENGUMUMAN OIL-DRI TENTANG HAK PATEN DI INDONESIA TERHADAP FORMULASI FEED ADDITIVE BERBASIS MINERAL TERBARUKAN

2021-09-21T22:00:00Z

CHICAGO, Sept. 22, 2021 (GLOBE NEWSWIRE) -- Oil-Dri Corporation of America (NYSE: ODC) telah dikenal sebagai inventor yang menggunakan teknologi unik dalam feed additive berbasis mineral pada industri protein hewani di Indonesia. Oil-Dri sebagai produsen sorbent-mineral terkemuka mengumumkan bahwa pada hari ini Direktorat Kekayaan Intelekual Indonesia telah menerbitkan Paten IDP-000071991 tentang “Produk asal Tanah Liat dan Kegunaannya’. Hak Paten tersebut akan melindungi formula baru berbasis mineral yang digunakan dalam produk feed additive natural Amlan yang telah beredar, yaitu Varium® untuk unggas dan NeoPrime® untuk babi, produk ini memberikan solusi yang alami bagi para produsen protein hewani untuk menjaga kesehatan usus dan mengoptimalkan efisiensi produksi. Produk tersebut telah dijual dan didistribusikan secara internasional oleh Amlan International yang merupakan divisi bisnis kesehatan hewan dari Oil-Dri, dan di Indonesia didistribusikan oleh PT. Amlan Perdagangan Internasional.

“Kemajuan dalam penelitian dan formulasi feed additive membantu transformasi produksi protein hewani dengan menyediakan alternatif selain penggunakan antibiotik dalam pakan, dimana alternatif ini telah terbukti dan dapat diketahui meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas.”, menurut Dan Jaffee, Presiden dan CEO dari Oil-Dri Corporation of America yang juga menjabat sebagai Presiden dan General Manager Amlan.Varium® dan NeoPrime® merupakan hasil dari tim ahl ilmu mineral Oil-Dri dengan 80 tahun pengalaman yang telah berhasil mengembangkan formulasi sinergik yang mampu meningkatkan kesehatan dan fungsi usus pada unggas dan babi. Hak Paten yang diberikan di Indonesia merupakan pengakuan lebih lanjut terhadap produk berbasis mineral unik kami bagi para produsen”.

Sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki kebutuhan protein hewani yang meningkat pesat. Pada saat yang bersamaan, sehubungan dengan pelarangan penggunakan antibiotik sebagai growth promotor dan pembatasan ionophore dalam pakan yang telah diimplementasikan di Indonesia sejak awal 2020 menyebabkan adanya peningkatan kebutuhan akan feed additive yang bebas dari antibiotik untuk menyokong kesehatan unggas dan hewan ternak lainnya. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, para produsen protein hewani di Indonesia membutuhkan solusi alami yang dapat menjaga kesehatan unggas dan ternak sekaligus menjamin proses produksi yang ekonomis.

Amlan menyadari pentingnya nilai produk berbasis mineral alami yang dapat memenuhi kebutuhan produsen di Indonesia, oleh karena itu pada tahun 2018 didirikanlah PT. Amlan Perdagangan Internasional. Anak perusahaan ini memungkinkan tim Amlan untuk bermitra langsung dengan para produsen untuk menghadapi tantangan produksi yang mereka alami. Secara strategis, Amlan berencana melakukan ekspansi dengan mengembangkan tim sales dan layanan teknis dimana penerbitan hak paten juga akan membantu Amlan dalam mendukung para produsen untuk mencapai tujuan dan memenuhi kebutuhan akan protein hewani berkualitas tinggi.

“Pemberian hak paten di Indonesia merupakan komitmen Amlan untuk mendukung perubahan dalam produksi protein hewani sesuai kebutuhan yang diperlukan di Indonesia”, ujar Fred Kao yang merupakan Wakil Presiden Penjualan Global, Amlan International. “Umpan balik yang kami terima mengenai Varium® dan NeoPrime® dari para mitra industri sangat positif sehingga dapat digunakan sebagai alternatif bebas dari antibiotik yang dapat diandalkan bagi para produsen”.

Mineral Based Technology

Hak Paten tersebut melingkupi metodologi dalam penggunaan formulasi berbasis mineral alami untuk mengurangi efek paparan oleh bakteri patogen dan toksin yang dihasilkannya sebagai penyebab penyakit yang merusak kesehatan dan fungsi usus. Paten yang serupa dalam formulasi Varium® dan NeoPrime® juga telah diterbitkan di Amerika Serikat, Cina, Korea dan EU.

Tidak seperti antibiotik yang dirancang untuk membunuh bakteri, teknologi yang dipatenkan meliputi formula sinergis dari 3 bahan dengan cara kerja yang berbeda: (1) mineral yang diproses dengan pemanasan memfasilitasi pengikatan bakteri usus patogen dan toksinnya yang dapat menyebabkan penyakit, (2) imuno-modulator yang menstimulasi sistem imun bawaan (inate) hewan sehingga mampu melawan penyakit secara alami, dan (3) sumber energi bagi sel epitel usus yang sangat penting untuk fungsi usus yang sehat. Dengan dimasukkannya teknologi yang telah dipatenkan ini ke dalam pakan ternak, produsen secara efektif telah mengeliminasi penggunaan antibiotik sebagai growth promotor dan mencapai hasil yang setara atau hasil yang lebih baik.

Informasi tentang Perusahaan
Amlan merupakan divisi bisnis Kesehatan Hewan dari Oil-Dri Corporation of America, yang merupakan produsen dan memasarkan   sorbent-mineral terkemuka di dunia. Oil-Dri memanfaatkan pengalaman lebih dari 80 tahun dalam ilmu mineral untuk secara selektif menambang dan memproses mineral unik untuk para konsumen dan pasar Busines to Business. Oil-Dri Corporation of America merupakan holding company dan terdaftar di New York Stock Exchange sebagai NYSE: ODC. Amlan International menjual feed additive ke berbagai negara di seluruh dunia. Ketersediaan produk dapat berbeda pada setiap negara dan klaim yang ada sesuai dengan ketentuan negara yang berlaku dimana klaim tersebut bukan untuk digunakan sebagai pengobatan.

Reagan Culbertson
Media Contact
press@amlan.com