Peringatan Hari Amal Bakti ke-72 Gubernur Minta Aparatur Kemenag Jadi Duta Kedamaian

41

SAMARINDA – Memanfaatkan momentum peringatan Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama (Kemenag), Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengajak jajaran Kanwil Kemenag Kaltim untuk terus mengkampanyekan kedamaian di Bumi Etam. Gubernur meyakinkan, kedamaian akan sangat membantu kerja penyelenggaraan pemerintahan hingga berjalan baik sesuai rencana. Setiap aparatur Kanwil Kemenag diharapkan juga bisa menjadi Duta Kedamaian Daerah.

“Maksudnya agar ketika memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka setiap aparatur Kanwil Kemenag Kaltim dapat mengkampanyekan bagaimana menciptakan kondusifitas daerah, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan berjalan baik dan sukses,” kata Gubernur Awang Faroek didampingi Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor usai menjadi inspektur upacara Hari Amal Bakti ke-72 Kemenag di lapangan parkir Gor Segiri Samarinda, Rabu (3/1).

Awang menyebutkan, dengan mengampanyekan kedamaian, jajaran Kanwil Kemenag sama artinya mendukung pemerintah daerah menciptakan kondisi yang aman. Kondisi yang aman akan membantu memperlancar keberhasilan pembangunan yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Selain itu, Pemprov Kaltim meminta agar jajaran Kanwil Kemenag Kaltim menjadi pelopor penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Apalagi Kementerian Agama telah berhasil meraih prestasi dalam tata kelola administrasi keuangan dengan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Indeks pelayanan jamaah haji semakin meningkat hingga indeks kerukunan umat beragama di Indonesia terus meningkat. Termasuk pelayanan nikah di KUA juga mengalami peningkatan signifikan. Awang menilai hal ini membuktikan bahwa sistem pemerintahan telah bertransformasi menjadi semakin baik. Namun demikian, kondisi ini juga harus diimbangi dengan perubahan mental yang semakin baik, sehingga aparatur Kemenag semakin berkualitas. Artinya, jajaran Kemenag mampu bekerja secara profesional.

“Budaya kerja yang baik harus dilaksanakan, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan melalui bidang keagamaan semakin berkualitas,” harap Awang. Acara peringatan juga dirangkai penyerahan Satya Lancana bagi ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Kaltim yang diserahkan Gubernur Awang Faroek Ishak didampingi Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Sofyan Noor.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kaltim H Syahrun, Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail dan sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat Kaltim. Momen peringatan ini juga diharapkan dapat menjadi evaluasi bersama seluruh jajaran Kanwil Kemenag Kaltim.