Melanjutkan Program Mulia Dharma Wanita Persatuan ESDM dengan 3 Kunci: Character, Competence dan Collaboration

64

JAKARTA, 23 Januari 2018 – Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) diserah terimakan dari Fatiah Teguh Pamudji kepada Ivanna Laksmini Ego Syahrial, di Jakarta, Selasa (23/1). Serah terima ini sesuai dengan Surat Keputusan Dharma Wanita Persatuan nomor 20 tahun 2018 tentang Pengesahan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian ESDM Masa Bakti 2014-2019.

Hadir dalam kesempatan ini Menteri ESDM, Ignasius Jonan didampingi oleh Sekjen Kementerian ESDM, Ego Syahrial, Penasehat DWP KESDM, Ratnawati Jonan dan Faulin Tahar, Pengurus Organisasi Wanita Sektor ESDM, serta Pengurus Dharma Wanita UP Kementerian ESDM.

Saat menyampaikan arahan, Jonan menyampaikan bahwa tugas dan kegiatan DWP jangan sampai melupakan tugas sebagai ibu dan istri. “Saya minta kegiatan DWP jangan sampai mengganggu tugas sebagai ibu dan istri, karena hal ini juga sangat penting. Sebisa mungkin diatur dengan baik supaya keluarga tidak terbengkalai,” pesan Jonan.

Di sela-sela arahannya, Jonan memutarkan video tentang kisah hidup dan kesuksesan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group Jack Ma dan CEO Apple Inc. Steve Jobs. Jonan menjelaskan bahwa kisah hidup Jack Ma yang pantang menyerah dapat menjadi pelajaran dalam hidup. Di samping itu, zaman sudah berubah, sehingga kita harus dapat mengikuti kemajuan teknologi dan memiliki wawasan ke depan yang lebih baik.

“Kita tidak dapat menghentikan perubahan zaman. Sehingga, sebagai orang tua kita harus berusaha mengerti dan mengikuti perubahan yang terjadi. Orang yang tidak mengikuti perubahan zaman tidak akan bertahan dengan baik. Namun perubahan ini harus diikuti dengan moralitas yang terjaga dan tujuan yang jelas,” ujar Jonan.

Sementara itu, dalam sambutan perpisahannya, Fatiah Teguh Pamudji menyampaikan perasaan lega karena telah menyelesaikan tugas sebagai ketua DWP KESDM dan mengucapkan selamat kepada Ivanna Ego Syahrial.

“Awal mula terjun di DWP KESDM saya merasa takut, namun ketakutan itu terhapus karena DWP merupakan organisasi dengan visi misi yang mulia yaitu untuk mensejahterakan anggotanya melalui program-program di berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi, kesejahteraan, dan lain-lain. Kita adakan bakti sosial, pemberian beasiswa kepada anak-anak pegawai yang kurang mampu, dan pemberdayaan ibu-ibu melalui keterampilan pengolahan sampah. Pada akhirnya, separuh jiwa saya ada di DWP,” ujar Fatiah.

“Dibalik kesuksesan seorang pria ada wanita hebat di belakangnya. Namun bagi saya, di balik kesuksesan seorang istri, ada ridho dari suaminya,” lanjutnya.

Dalam acara hari ini, Ketua DWP yang baru, Ivanna Ego menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Amanah ini menjadi peluang agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi DWP di Kementerian ESDM.

“Amanah ini adalah kehormatan dan merupakan kesempatan bagi saya untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas DWP KESDM. Saya ibu pekerja, namun saya yakin hal ini justru akan memperkaya dan memberi warna bagi program dan kemajuan DWP di masa datang,” kata Ivanna.

Ivanna juga menyampaikan visi dan misinya ke depan untuk membawa DWP Kementerian ESDM hadir dalam program-program strategis yang selaras dan serasi dengan visi misi negara. “Tentunya keberhasilan dari program-program ini tak lepas dari dukungan para anggota DWP Kementerian ESDM. Saya juga berharap ada tiga kata kunci yang harus selalu kita pegang dalam mensukseskan program kita, yaitu Character, Competence, dan Collaboration,” pungkas Ivanna.