Awali Perayaan Natal Oikumene Nasional, Menteri ESDM Bagikan Paket Bantuan Sosial

36

PONTIANAK – Sebagai salah satu rangkaian acara menyambut puncak acara perayaan Natal Oikumene Nasional Tahun 2017, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memberikan paket bantuan sosial kepada beberapa komunitas keagamaan di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (27/12).

“Ini salah satu dari kegiatan kepanitian nasional Natal yang kebetulan tahun ini digelar di Pontinak,” ujar Jonan usai menyerahkan bantuan sosial kepada Panti Asuhan Muslim Achmad Yani di Pontianak.

Bersama Gubernur Kalimantan, Cornelis, Jonan memberikan secara simbolis beberapa paket bantuan diantaranya ke Vihara Bodhisatva Karaniya Metta, Panti Asuhan Muslim Achmad Yani, dan Suster Misi Fransiskanes Antonius (SMFA) di Kota Pontianak.

Pemberian paket bantuan sosial sendiri diinisiasi oleh panitia Natal Oikumene Nasional dimana Jonan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai ketua panitia Natal Oikumene Tahun 2017.

Jonan mengungkapkan, paket bantuan tersebut sebagai bentuk kepedualian kepada sesama umat manusia di Indonesia tanpa harus melihat keyakinan yang dianut.

“Ini wujud kebersamaan kita untuk berpartisipasi kepada saurada-saudara kita apapun kepercayaannya. Kalau ingin bantu, ya kita bantu saja. Tidak usah melihat agamanya. Agama urusan sendiri-sendiri,” ungkap Jonan.

Paket bantuan sosial tersebut berupa kebutuhan poko sehari-hari, seperti beras, air minum hingga peralatan mandi.

Gubernur Cornelis berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah mempercayai Kalimantan Barat sebagai tuan rumah perayaan Natal tahun ini.

“Ini adalah bentuk dari perwujudan kasih (Tuhan) kepada sesama. Kasih Tuhan yang kita lakukan hari ini adalah kebersamaan. Kita terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas kepercayaannya mempercayai Kalimantan Barat sebagai tuan rumah Natal Nasional Tahun 2017,” ucap Cornelis.

Sebagi informasi, Perayaan Natal Oukimene Tahun 2017 merupakan keempat kali dilaksanakan secara nasional setelah tahun-tahun sebelumnya berlangsung di Jayapura, Kupang dan Tondano, Minahasa.

Recananya, puncak acara Natal Oukimene Nasional Tahun 2017 akan dirayakan besok (28/12) sore di Rumah Gadakng, rumah adat masyarakat Dayak dan akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.