Kemajemukan, Toleransi Harus Ada di Wajah Diplomat RI

68

Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Wamenlu A.M. Fachir, Sekjen Kemlu Mayerfas dan Sahli Bidang Manajemen Duta Besar Wajid Fauzi menyambut kehadiran 59 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk tahun anggaran 2017 yang terdiri dari 56 Diplomat dan 3 Auditor di Ruang Nusantara, Kemlu RI (2/1).

CPNS Kemlu RI TA 2017 berasal dari Aceh sampai Papua, yang mewakili keberagaman suku bangsa di Indonesia. “Anda mewakili Indonesia, wajah Indonesia yang majemuk, yang menghormati toleransi, harus ada di setiap wajah diplomat Indonesia.” kata Menlu.

Kemajuan digital telah merambah semua lini kehidupan, termasuk diplomasi. Untuk itu, Menlu berpesan agar para CPNS dapat memanfaatkan sosial media dalam mendukung diplomasi Indonesia. “Sebagai diplomat di era digital, manfaatkan penggunaan sosial media untuk mendukung kebijakan diplomasi Indonesia,” pesannya.

Menlu Retno juga tekankan pentingnya kebersamaan dalam pelaksanaan tugas. “Kementerian Luar  Negeri  adalah satu keluarga besar, saling bekerja sama dalam mengerjakan tugas-tugas. Kemlu bekerja 24/7 untuk pertahankan dan perjuangkan kepentingan Indonesia di luar negeri.” jelasnya.

Menlu Retno menyampaikan ucapan selamat dan motivasi untuk menguatkan semangat para CPNS. “Kokohkan tekad untuk bekerja di Kemlu, akan ada banyak tantangan, jangan cepat putus asa. Jalani, nikmati perjalanan di Kementerian Luar Negeri.” tutupnya.