Bupati Wonogiri Joko Sutopo Serahkan Sertifikat Tanah PTSL 2017

85

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyerahkan 792 sertifikat tanah untuk warga kecamatan Giriwoyo yang digelar pada acara Penyerahan Sertifikat Program PTSL 2017, Rabu, (27/12). Sertifikat tanah yang diserahkan merupakan kelanjutan dari Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2017.

PLT Kepala BPN Kabupaten Wonogiri  Suwarto mengatakan bahwa kabupaten Wonogiri pada tahun 2017 mendapat jatah Program PTSL sebanyak 9.750 bidang dengan rincian yang telah diserahkan sebanyak 1.940 bidang pada saat kunjungan Presiden RI ke Kabupaten Sragen beberapa waktu lalu. “Sedangkan sisa sebanyak 7.810 bidang akan diserahkan pada tanggal 21 s/d 27 Desember ini. Untuk yang di kecamatan Giriwoyo sebanyak 792 sertifikat hari ini telah diserahkan secara simbolis oleh Bapak Bupati Wonogiri kepada para pemegang hak,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan bahwa pemerintah memiliki kewajiban memberikan kemudahan permasalahan yang dihadapi masyarakat, salah satu adalah pengesahan kepemilikan hak atas tanah berupa sertifikat tanah. “Jika dahulu untuk mengurus sertifikat harus berurusan dengan banyak pihak dengan syarat yang beraneka ragam, saat ini pemerintah melalui instansi terkait menerbitkan kebijakan PTSL. Program ini memberikan jaminan kepada masyarakat yang akan melakukan pengesahan sertifikat tanah miliknya,” tegas Joko Sutopo.

Lebih lanjut Bupati Wonogiri Joko Sutopo menjelaskan bahwa agar kedepan program PTSL dapat berjalan sesuai harapan dibutuhkan peran aktif dari masyarakat, selain berpartisipasi sekaligus ikut melakukan kontrol, pengawasan terhadap pelaksanaannya di tingkat bawah.