STT PLN Tingkatkan IT Soft Skill dan Kualitas Sumber Daya Mahasiswa

45

Jakarta, 22 Desember 2017 – Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN terus berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas pendidikan serta kualitas mahasiswanya dengan melakukan kerjasama bersama industri penyedia hardware, software dan services terkemuka di dunia, yakni Acer. Kerjasama ini merupakan kali kedua antara Acer dan STT PLN sejak tahun 2015. Tahun ini Acer berkesempatan untuk menjadi penyedia perangkat pendidikan dengan menghadirkan produk unggulannya, yakni notebook Acer. Hadirnya notebook Acer diharapkan mampu memenuhi kebutuhan perangkat pendidikan bagi mahasiswa STT PLN, sehingga dapat mencapai visi STT PLN sebagai Perguruan Tinggi yang modern, mandiri serta unggul.

Kerjasama antara Acer Indonesia dan STT PLN ditandai dengan serah terima plakat kerjasama antara kedua pihak yang dipimpin oleh Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia serta Dr. Ir Supriadi Legino, Ketua STT PLN yang bertempat di kantor pusat Acer Indonesia.

“Kerjasama kami dengan STT PLN ini mempertegas komitmen kami dalam bidang pendidikan. Sebagai technology enabler, kami ingin terus memajukan kualitas pendidikan di Indonesia melalui produk-produk berteknologi terdepan yang mampu memenuhi kebutuhan belajar mengajar. Ini juga merupakan bentuk upaya kami dalam menciptakan ekosistem pendidikan digital abad-21 di Indonesia.” ujar Herbet Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia.

Selain menghadirkan perangkat belajar untuk mahasiswa STT PLN, kerjasama ini juga sekaligus menjadi milestone untuk kedua pihak dalam mendukung mahasiswa dalam mengembangkan IT soft skill mereka. Kerjasama ini juga memungkinkan mahasiswa untuk mengikuti training Microsoft dan berbagai kursus lainnya yang berkaitan dengan perkuliahan. Tidak hanya kursus, Acer Indonesia dengan PT Taman Sari Adijaya (TSA) sebagai partner bisnis juga memberikan peluang kepada mahasiwa untuk terjun ke dunia industri melalui kesempatan internship, training dan lowongan pekerjaan.

“Kerjasama ini merupakan energi positif untuk STT PLN, khususnya dalam komitmen kita mempersiapkan lulusan yang bukan hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berkompeten dan dibekali soft skills. Dengan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman training, internship maupun bekerja yang di dapatkan melalui kerjasama dengan Acer Indonesia, menjadi wujud nyata STT PLN mendorong mahasiswa kita untuk lebih inovatif, merasakan pengalaman bekerja di 2 industri, yang bisa meningkatkan competitive value mereka saat terjun ke dunia bekerja di masa depan”, ujar Ketua STT PLN, Supriadi Legino.

Dalam setahun terakhir, Badan Pusat Statistik mengungkapkan bahwa pada tahun 2017 telah terjadi peningkatan jumlah Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia sebesar 10.000 orang menjadi 7,04 juta orang pada Agustus 2017 dari Agustus 2016 sebesar 7,03 juta orang (Data BPS Indonesia) . Oleh karena itu, dengan adanya kerjasama antara Acer Indonesia dan STT PLN dalam hal peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang penguasaan teknologi ini diharapkan dapat terus berupaya mengurangi angka TPT, khususnya dalam sektor industri.

Tentang Acer

Acer merupakan perusahaan hardware + software + jasa dengan produk yang ditawarkan termasuk PC, display, proyektor, server, tablet, smartphone dan perangkat lainnya yang dapat dikenakan. Acer juga mengembangkan solusi cloud untuk mendukung era Internet of Things. Merayakan ulang tahun ke-40 pada tahun 2016, Acer telah mempekerjakan sekitar 7.000 orang di seluruh dunia. Silahkan kunjungi situs www.acer.com untuk informasi lebih lanjut.

Tentang Acer Indonesia

Acer Indonesia mulai beroperasi tahun 1998 dan saat ini telah menjadi pemain utama di industri PC Indonesia. Acer mencatat pertumbuhan yang stabil dan positif di pasar Indonesia, terbukti dengan berhasil menjadi merek No.1 untuk kategori notebook selama 8 tahun berturut-turut dan No.1 untuk kategori PC selama 7 tahun berturut-turut di Indonesia (IDC PC Tracker & Gartner Inc). Prestasi tersebut sekaligus menempatkan Acer sebagai merek Notebook dan PC pilihan masyarakat Indonesia, terbukti dengan berbagai penghargaan bergengsi yang diterima Acer, di antaranya: Top Brand Award, Indonesia Best Brand Award, Customer Service No.1 di Indonesia untuk kategori notebook, Indonesian Customer Satisfaction Award selama 10 kali berturut-turut, termasuk mendapatkan penghargaan internasional sebagai The Most Socially Devoted Brand di Facebook untuk Kategori Elektronik untuk layanan pelanggan melalui media sosial dari www.socialbakers.com. Acer berkomitmen untuk menjalin komunikasi tanpa batas dengan konsumen di seluruh Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui jaringan layanan purnajual yang dapat ditemui di 102 lokasi di 81 kota di Indonesia, Acer Contact Center dengan tarif lokal 1500-155, serta layanan melalui media sosial selama 24 jam setiap harinya.