Serunya Diskusi dengan Mahasiswa Jepang di UKDW

Yogyakarta, 14 Maret 2018 – Biro Kerjasama dan Relasi Publik Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) bekerja sama dengan Luna Friendship Association (LFA) menggelar acara Information & Sharing Session on Students’ Life in Japan pada hari Senin (12/3) lalu di ruang seminar Pdt. Dr. Rudi Budiman. Acara ini dimaksudkan untuk mengenalkan kehidupan mahasiswa di Jepang.

Dalam sambutannya, Pdt. Robert Setio, Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Jejaring mengatakan bahwa acara ini penting bagi mahasiswa UKDW untuk lebih mengetahui informasi mengenai beasiswa dan kehidupan di luar negeri khususnya Jepang. “Kami berharap mahasiswa dapat belajar lebih banyak dari Jepang, sebagai salah satu negara modern di Asia. Hingga nantinya mahasiswa UKDW siap berkompetisi dalam kancah internasional,” tambahnya.

Adapun narasumber dalam acara ini adalah tiga mahasiswa Wakayama University, yaitu Yuka Mori (Faculty of Education), Ryoko Ban (Faculty of Tourism), dan Eireno Nathanael Nugroho (Faculty of Economics).

Sesi sharing yang pertama diisi oleh Eireno Nathanael Nugroho,  mahasiswa asal Indonesia yang telah lama tinggal dan belajar di Jepang. Eireno memperkenalkan tentang LFA yang merupakan asosiasi antara Jepang dengan Indonesia melalui cultural events, home-stays, cultural exchange dan study tours. Kemudian ia memaparkan mengenai gaya hidup mahasiswa Indonesia yang berada di Jepang, mulai dari transportasi yang sering digunakan mahasiswa, suasana ruang kelas mahasiswa, apartemen/asrama dengan berbagai fasilitasnya. “Sebagian besar mahasiswa di Jepang melakukan kerja sampingan untuk menambah biaya hidup,” tambahnya.

Presentasi kedua disampaikan oleh Ryoko Ban yang memaparkan tentang profil Wakayama University. Universitas ini memiliki empat fakultas yaitu Faculty of Education, Faculty of Economics, Faculty of Systems Engineering, Faculty of Tourism. Ryoko juga berbagi infromasi mengenai tempat wisata yang terkenal Jepang.

Presentasi terkahir disampaikan oleh  Yuka Mori. ia memaparkan tentang international club activity yang diikutinya, yaitu Wakayama ASEAN Project (WAP). WAP merupakan kegiatan kerjasama internasional Wakayama Universisty  yang dilaksanakan di ASEAN. WAP bertujuan untuk membawa lebih banyak senyuman di dunia. Menurut Yuka, international club activity sangat penting dan bermanfaat karena dapat menambah pengetahuan tentang budaya, bahasa, dan kehidupan masyarakan di negara lain.

Di akhir acara, Eireno menambahkan ia merasa senang bisa berbagi pengalaman dengan mahasiswa UKDW. Ia berharap informasi tentang kehidupan di Jepang dapat membantu orang Indonesia yang akan pergi ke Jepang. Tak hanya itu, ia berharap dengan banyaknya orang Indonesia ke Jepang, budaya Indonesia semakin di kenal oleh masyarakat Jepang.

Acara ini disambut baik oleh mahasiswa UKDW. Sesi tanya jawab menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk berdiskusi tentang kehidupan mahasiswa, baik di Jepang maupun di Indonesia. Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan studi atau mengikuti exchange program ke Jepang bisa memperoleh informasi yang bermanfaat,  sehingga mereka termotivasi dan dapat mempersiapkan diri lebih baik. Selain itu, acara ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa UKDW untuk membangun jejaring dengan mahasiswa Jepang.