Rayakan Imlek, Sadhana Bagi-bagi Angpao

Jakarta – Xin Nian Kuai Le!! Happy Chinese New Year!! Meskipun Tahun Baru Imlek sudah terlewat beberapa hari. Namun, nuansa Imlek masih dirasakan di kantor PT Sadhana Ekapraya Amitra yang terletak di Kebon Jeruk. Beberapa karyawan terlihat menggunakan pakaian berwarna merah. Beberapa karyawan etnis Tionghoa pun terlihat saling melempar ucapan Xin Nian Kuai Le.

Namun, ada momen yang paling ditunggu oleh seluruh karyawan PT Sadhana Ekapraya Amitra, yaitu bagi-bangi Angpao. Yup, Direksi mewajibkan seluruh manajer untuk membagikan Angpao kepada seluruh bawahannya. Amplop berwarna merah berisikan uang ini memang selalu menjadi properti wajib khas imlek. Tradisi ini memang sedikit keluar jalur, karena pada umumnya Angpao diberikan oleh orang yang sudah menikah. Meskipun sudah “berumur” tapi belum menikah, masih berhak menerima Angpao.

Di PT. Sadhana Ekapraya Amitra tradisi ini sedikit dimodifikasi. Pemberi Angpao adalah para manajer dan penerima Angpao adalah bawahan. Tentu tradisi seperti ini memiliki maksud tersendiri.

“Tradisi pemberian Angpao ini bertujuan untuk kebahagiaan dan kasih sayang kepada seluruh karyawan” Tutur Lalu Marzuki, Direktur PT Sadhana Ekapraya Amitra.

“Selain itu, tujuan pemberian Angpao sendiri adalah untuk menunjukkan Kebhinnekaan yang ada di dalam perusahaan. Karyawan PT Sadhana Ekapraya Amitra sendiri kan terdiri dari berbagai agama dan suku bangsa. Jadi untuk menunjukkan toleransi dan memfasilitasi keberagaman yang ada, kita rayakan semua hari besar keagamaan, termasuk Imlek” Lanjut Lalu Marzuki.

“Senang dan kagum, karena tidak semua kantor merayakan hari besar keagamaan. Sangat terasa sekali kebhinekaannya” Tutur Bryan Pangestu ketika ditanya  mengenai perasaannya pada saat menerima Angpao.

Lain dengan Bryan Pangestu. Riri Febriana menyatakan “Pastinya happy donk. Dan gak nyangka, karena ga pernah dapet selain di Sadhana (red. PT. Sadhana Ekapraya Amitra”

“Mau donk” Jawab singkat Beni Witanto ketika ditanya apakah tahun depan masih mau Angpao atau tidak.