Perkuat Konektivitas Antar Hub Indonesia Barat dan Timur Mulai Besok Garuda Indonesia Layani Penerbangan Medan – Makassar VV

48

Cengkareng, 19 Desember 2017 – Maskapai nasional Garuda Indonesia mulai besok (20/12) akan melayani penerbangan langsung Medan – Makassar vv. Dibukanya layanan penerbangan tersebut sekaligus menandai upaya berkelanjutan perusahaan dalam meningkatkan konektivitas antar kota di Indonesia, khususnya dalam hal ini Medan sebagai salah satu hub penerbangan Indonesia bagian barat dan Makassar sebagai hub penerbangan Indonesia bagian timur.

Direktur Marketing & Teknologi Informasi Garuda Indonesia Nina Sulistyowati mengungkapkan. “Dibukanya layanan penerbangan daily ini merupakan langkah strategis Garuda Indonesia dalam meningkatkan potensi dan memperluas pangsa pasar penerbangan domestik, khususnya dengan menyediakan konektivitas langsung antara Medan dan Makassar sebagai salah satu pusat perekonomian terbesar di Indonesia bagian Timur dan Barat tersebut”.

Dibukanya rute yang mempertemukan dua hub penerbangan besar tersebut, tentunya akan mendukung potensi pengembangan pariwisata yang semakin terbuka lebar bagi kedua wilayah tersebut – khususnya melalui akses konektivitas penerbangan yang lebih singkat bagi masyarakat Indonesia di bagian barat – Medan ke wilayah Makassar maupun sebaliknya.

“Hadirnya rute baru Medan-Makassar tersebut merupakan salah satu langkah Garuda Indonesia untuk mendorong pergerakan wisatawan dan meningkatkan potensi bisnis dan perekonomian dari dua hub penerbangan terpadat di Indonesia,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya rute penerbangan Medan-Makassar tersebut akan memudahkan wisatawan yang ingin berwisata ke berbagai destinasi di belahan timur Indonesia seperti Raja Ampat, Ambon, Jayapura, Timika, Merauke, Kupang dan Bau-Bau maupun destinasi di ujung barat Indonesia seperti Sabang, Silangit, Nias, Leuksmawe, hingga Pinangsori.

“Pembukaan rute baru ini juga merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antar pulau dan kota, khususnya dalam memajukan pariwisata nasional dengan mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan pada tahun 2019” tambah Nina.

Penerbangan Medan – Makassar pp tersebut akan dilayani dengan menggunakan armada Bombarbider CRJ 1000 berkapasitas 96 penumpang setiap harinya dengan waktu tempuh 3 jam 50 menit. Penerbangan Medan – Makassar tersebut dijadwalkan berangkat Pukul 18.00 WIB dan akan tiba di Ujung Pandang pada pukul 22.50 WITA. Adapun jadwa penerbangan Makassar – Medan berangkat pada pukul 20.00 WITA dan akan tiba di Medan pada pukul 22.40 WIB.

Dengan beroperasinya layanan penerbangan tersebut saat ini Garuda Indonesia melayani sedikitnya 12 destinasi penerbangan yang dilayani melalui hub penerbangan Medan. Adapun total destinasi yang dioperasikan melalui hub penerbangan Makassar sedikitnya berjumlah 24 destinasi.

Sementara itu, menutup akhir tahun 2017 ini, Garuda Indonesia di bulan Desember juga meresmikan penerbangan 3 (tiga) rute penerbangan di Hub Indonesia Timur yang terdiri dari ; Rute Makassar-Kupang, Rute Makassar-Palopo, dan Rute Luwuk-Palu.

Rute-rute terbaru tersebut rencananya akan dilayani dengan menggunakan armada pesawat CRJ Bombardier 1000 Next Gen dan pesawat ATR72-600. Melalui penambahan rute tersebut diharapkan dapat semakin mendukung upaya percepatan pengembangan destinasi wisata di wilayah Timur, khususnya melalui akses layanan penerbangan dari dan menuju kota besar di wilayah regional intra Makassar.

Garuda Indonesia saat ini melayani sedikitnya 80 destinasi di seluruh dunia dan berbagai lokasi eksotis di Indonesia. Dengan jumlah penerbangan mencapai 600 penerbangan per hari, Garuda Indonesia memberikan pelayanan terbaik melalui konsep “Garuda Indonesia Experience” yang mengedepankan keramahtamahan dan kekayaan budaya Indonesia.