Mahasiswa Sistem Informasi UKDW Menjuarai FIT Competition 2018

Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) kembali menorehkan prestasi dengan menjuarai FIT Competition 2018 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (HMPTI) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) pada tanggal 13-15 Maret 2018 di Grand Semeru, Hotel Laras Asri, Salatiga, Jawa Tengah.

Tim “Victory” yang mewakili UKDW dalam perlombaan tersebut terdiri dari tiga mahasiswa yakni Azhalia Amesa, Josea Valentino, dan Charoline Septa Ayu Sesarlia dan didampingi oleh satu orang dosen FTI, Argo Wibowo, S.T., M.T., mendapatkan Juara I pada kategori Web. Sedangkan Juara II diraih oleh Universitas STIKUBANG Semarang dan Juara III diraih oleh Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Aplikasi yang dibuat diberi nama Lolin. Lolin merupakan aplikasi Loak Online yang berfokus pada proses jual-beli kertas bekas dengan cara lelang. Lolin dibuat dengan tujuan untuk membantu mengurangi produksi sampah dengan melakukan recycle kertas bekas. Bentuk recycle kertas bekas yang dimaksud adalah penjualan kertas bekas ke pengguna lain yang membutuhkan melalui aplikasi Lolin. Latar belakang dibuatnya aplikasi ini adalah tingginya angka sampah sisa yang tidak terangkut setiap harinya. Dari sampah sisa yang tidak terangkut tersebut, kategori sampah kertas menduduki presentase tertinggi sampah yang bisa didaur ulang. Sehingga dengan adanya aplikasi ini, diharapkan akan mengurangi besarnya sampah serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan daur ulang atau recycle.

FIT Competition merupakan kompetisi di bidang web dan mobile yang menuntut peserta untuk membuat aplikasi yang menjawab dan mengatasi permasalahan yang ada di lingkup masyarakat Indonesia. Pada tahun 2018 ini, tema yang diangkat adalah “Let your Innovation Light The World”.
Lomba ini diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia, seperti UNIKA Soegijapranata, Universitas Madura, Universitas Kristen Petra Surabaya, STMIK GI MDP, Universitas PGRI Semarang, Universitas Tarumanegara, Universitas STIKUBANK Semarang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Teknokrat Indonesia, dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.