JAKARTA, 14 Desember 2017 – Lazada, destinasi belanja dan berjualan nomor 1 di Indonesia, kembali mencetak rekor transaksi tertinggi dalam Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 ini. Dalam 1 hari tersebut, Lazada mencatat lebih dari 10x kenaikan nilai total Gross Merchandise Value (GMV) dan lebih dari 4x jumlah kunjungan dibandingkan dengan hari biasa. Pencapaian ini sekaligus menjadi rekor baru nilai transaksi tertinggi bagi Lazada dalam 6 tahun perhelatan Harbolnas.
“Kami merasa senang melihat antusiasme yang tinggi dari konsumen untuk berbelanja online pada saat Harbolnas ini, bahkan melebihi ekspektasi kami dengan jumlah kenaikan GMV lebih dari 10X dibandingkan hari biasanya. Dibandingkan Harbolnas tahun lalu pun, jumlah nilai GMV tumbuh sebesar 2.5X. Ini merupakan pertumbuhan yang luar biasa.” ungkap co-CEO Lazada Indonesia, Florian Holm.
Lazada memahami bahwa pencapaian tahun ini tidak terlepas dari peran para seller. Sebagai informasi, untuk pertama kalinya, Lazada menginisiasi Desember sebagai Bulan Jualan Online Nasional (Bujonas), untuk mendorong lebih banyak UKM berjualan online. Sejauh ini, lebih dari 6.000 sellers baru yang bergabung di Lazada turut berpartisipasi dalam Harbolnas dan menjual barang dagangan untuk pertama kalinya. Salah satunya adalah, Johannes Lie, pemilik toko Tomindo di Lazada mendapatkan lebih dari 3,000 order dalam 24 jam.
Menanggapi hal ini, Co-CEO Lazada Indonesia, Florian Holm mengatakan, “Kami menyadari hasil yang kami peroleh ini tidak terlepas dari hasil kerja keras para seller dan juga kerjasama yang baik dengan para brand lokal dan internasional yang mempercayakan kami untuk menghadirkan produk terbaik mereka bagi konsumen di seluruh Indonesia. Kami juga berharap bahwa konsumen di tanah air bisa terus menikmati penawaran dan diskon terbaik bersama Lazada hingga akhir momen Hari Belanja Online 14 Desember nanti.”
Sedikit berbeda dengan pembukaan kampanye Online Revolution 11 November lalu, di Harbolnas ini, kategori fashion, kesehatan dan kecantikan, gadget dan elektronik, serta produk bayi dan mainan anak, menjadi produk favorit konsumen kali ini. Untuk smartphone saja misalnya, penjualan Xiaomi meningkat drastis dan mendominasi kategori dengan total penjualan sebanyak 75,000 unit smartphone selama 12.12.
Selain itu sejumlah brand lain yang menjadi favorit konsumen pada saat 12.12 antara lain: Samsung untuk TV, Harman Kardon untuk audio, dan Sony untuk kamera, serta HP untuk laptop. Tidak hanya itu, momen Harbolnas ini nampaknya diambil para konsumen yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru terlihat dengan meningkatnya jumlah pembelian perlengkapan dan dekorasi Natal.
Seakan tidak ingin ketinggalan promo yang berlangsung, para konsumen mengambil momen awal tepat pukul 00.00 dan 10.00 pagi sebagai waktu favorit mereka untuk membeli perlengkapan yang mereka incar.
Lazada ingin menjadikan Harbolnas tidak hanya sebagai momentum konsumen memuaskan hasrat berbelanja yang nyaman dan mudah, namun juga sebagai momen bagi seller, termasuk UMKM di marketplace untuk dapat berpartisipasi dalam ekosistem ekonomi digital di Indonesia.
Tentang Lazada
Diluncurkan pada tahun 2012, Lazada merupakan destinasi belanja dan berjualan online nomor satu di Asia Tenggara – hadir di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Sebagai pelopor ekosistem eCommerce di Asia Tenggara, melalui platform marketplace yang didukung oleh berbagai macam layanan pemasaran yang unik, layanan data, dan layanan jasa lain, Lazada telah membantu lebih dari 135.000 penjual lokal dan internasional, serta 3.000 brand untuk melayani 560 juta konsumen di kawasan Asia Tenggara. Dengan lebih dari 250 juta SKU yang tersedia, Lazada menawarkan variasi produk dalam berbagai kategori mulai dari barang elektronik hingga barang keperluan rumah tangga, mainan, fashion, perlengkapan olahraga dan kebutuhan sehari-hari. Sebagai bentuk komitmen Lazada untuk mengedepankan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan bagi para konsumen, Lazada menghadirkan berbagai metode pembayaran, termasuk cash-on-delivery (COD), pelayanan konsumen yang menyeluruh, dan layanan pengembalian barang yang mudah melalui jasa pengiriman first dan last mile milik Lazada, dan juga dengan lebih dari 100 mitra logistiknya. Kepemilikan saham mayoritas Lazada group dimiliki oleh Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA).
Lazada Indonesia sendiri telah meraih penghargaan Platinum Award sebagai e-Commerce terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Business to Customer (B2C) dari idEA pada tahun 2016. Lazada juga memperoleh penghargaan Wow Brand sebagai Brand terbaik untuk e-commerce dari Marketeers pada awal tahun 2017. Pada tahun yang sama, Lazada Indonesia juga didaulat oleh Line sebagai official account dengan kampanye terbaik.
Tentang Online Revolution Lazada
Online Revolution (Revolusi Online) Lazada merupakan ajang belanja online terbesar di Asia Tenggara. Dimulai sejak 12 Desember 2012 (12.12) Lazada memperkenalkan kepada konsumen pada kenyamanan dan nilai tambah dari belanja online, yang memicu munculnya ‘kehebohan berbelanja online’ yang kini menjadi acara tahunan yang sangat dinanti. Dari tahun ke tahun semakin banyak konsumen dari berbagai kota dan pelosok negeri memanfaatkan ajang berbelanja terbesar ini untuk mendapatkan berbagai penawaran terbaik dari merek internasional dan lokal yang tidak tersedia sebelumnya.
Tahun lalu, konsumen di Asia Tenggara memesan lebih dari dua juta jenis barang saat hari pertama Online Revolution (Revolusi Online). Tahun ini Online Revolution akan berlangsung pada 11.11 (11 November) dan 12.12 (12 Desember), khusus Indonesia bertepatan dengan Harbolnas. Dengan tema ‘Diskon Mengguncang Semesta’ untuk Indonesia, para pembeli dapat menikmati beragam penawaran menarik atas jutaan produk dari seluruh dunia – mulai dari kosmetik, pakaian jadi dan aksesoris fashion, hingga TV dan barang elektronik lainnya, barang kebutuhan rumah tangga hingga makanan hewan peliharaan.