Iklim Properti Membaik, Generasi Milenial Optimistis Bisa Beli Rumah

Jakarta, 29 Januari 2018 – Kondisi pasar properti yang lebih positif mendapat sambutan yang baik dari generasi milenial. Mereka optimistis dengan rencananya untuk membeli rumah dalam enam bulan ke depan. Hal ini terlihat dari hasil survei yang dilakukan Rumah.com bersama Intuit Research yang menunjukkan bahwa generasi milenial memiliki optimisme untuk membeli rumah idaman.

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 menunjukkan bahwa sebanyak 63% responden mengaku berencana membeli rumah dalam enam bulan ke depan.
Dari total responden yang optimistis membeli rumah, sebesar 44% berasal dari kelompok usia 21-29 tahun, atau milenial muda. Sementara 35% lainnya berasal dari milenial tua, kelompok usia 30-39 tahun.

Marine Novita, Country Manager Rumah.com menyatakan bahwa survei menunjukkan semakin tinggi usia, maka semakin kecil rencana membeli rumah. Ini karena kelompok usia yang lebih tua sudah punya rumah atau mereka sudah memiliki banyak tanggungan, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk keperluan sehari-hari sudah cukup besar, membuat mereka harus berpikir dua kali jika harus mengambil cicilan rumah.

“Oleh karena itu, generasi milenial harus secepatnya mengambil keputusan untuk membeli hunian. Semakin muda usia saat membeli rumah, maka akan semakin baik. Belilah rumah di saat belum banyak tanggungan,” jelasnya.

Marine menambahkan bahwa Rumah.com sebagai pemimpin pasar properti online di Indonesia selalu mengambil peran aktif untuk mengetahui kondisi terkini industri properti di Indonesia. Survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 ini ditujukan untuk mengetahui respon pasar dari sisi permintaan.

Baca juga  Pilihan Smartphone Vivo Favorit Jelang Akhir Tahun

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 adalah survei berkala yang diselenggarakan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com bekerjasama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura. Hasil survei kali ini diperoleh berdasarkan 1.020 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan pada bulan Juli – Desember 2017.

Menurut Marine, hasil survei tersebut menunjukkan kesadaran generasi milenial untuk memiliki hunian sendiri sudah cukup tinggi. Untuk itu, mereka perlu diberikan advokasi ataupun panduan langkah-langkah proses pembelian rumah yang benar maupun bagaimana cara menemukan hunian idaman yang tepat.

“Sangatlah wajar jika dalam proses pencarian hingga mengambil keputusan membeli rumah, generasi milenial ini kadang-kadang mengalami keraguan, terutama jika melihat harga rumah yang mencapai ratusan juta rupiah dan rumitnya proses transaksi pembelian yang diperlukan. Rumah.com hadir memberikan panduan bagi generasi milenial untuk bisa memiliki rumah,” jelas Marine.

Dia menambahkan bahwa Rumah.com memiliki fitur-fitur untuk membantu pencari rumah mengambil keputusan dengan mandiri dan percaya diri. Generasi milenial juga bisa mengakses Rumah.com Property Index untuk mendapatkan informasi dan data properti yang transparan khususnya tentang harga properti di lokasi hunian yang diinginkan.

Data dari Rumah.com Property Index ini bisa digunakan sebagai panduan bagi generasi milenial untuk membeli rumah baru karena merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

Baca juga  FIFGroup Salurkan 115.197 Paket Sembako

Selain itu dengan memanfaatkan fitur Review Properti, pencari rumah bisa mengetahui akses transportasi terdekat dengan hunian idaman. Jika lokasi hunian jauh dari kantor tapi dekat dengan sarana transportasi baik pribadi maupun umum, maka ini adalah pilihan hunian yang tepat.

Bagi generasi milenial, masalah harga beli hunian memang menjadi kendala, salah satunya adalah uang muka, meskipun pemerintah telah menurunkan besaran uang muka hingga tinggal 15% untuk pembelian rumah pertama.

“Jika nilai ini dirasakan masih terasa besar bagi sebagian kalangan, masih ada solusi lainnya. Banyak pengembang yang memberikan bantuan atau promo uang muka hingga 5% atau uang muka yang bisa dicicil. Ini bisa sangat membantu para pencari rumah khususnya bagi generasi milenial,” katanya.

Untuk pendanaan pembelian hunian, generasi milienial bisa memanfaatkan skema pembiayaan seperti KPR, baik dari bank komersial yang sudah begitu banyak ragamnya maupun dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK). KPR dari BPJSTK ini bisa dimanfaatkan oleh para karyawan yang telah terdaftar menjadi peserta aktif BPJSTK selama minimal satu tahun dan belum memiliki rumah pertama.

Marine menyatakan, “Generasi milenial bisa memanfaatkan fitur Kalkulator KPR yang disediakan di Rumah.com. melalui fitur ini generasi milenial bisa mendapatkan simulasi pembiayaan ideal yang besarnya didasarkan pada pemasukan yang mereka dapatkan. Mengambil keputusan pembelian hunian memang tidak mudah, tetapi di dalam prosesnya Rumah.com akan selalu hadir untuk membantu generasi milenial mengambil keputusan dengan mandiri dan lebih percaya diri.”

Baca juga  Rayakan Kemerdekaan dengan Ayam Kobar dari Hotel Santika Premiere Bintaro

“Rumah.com terus melakukan inovasi dari sisi teknologi dengan menyediakan solusi yang tepat untuk membantu mewujudkan hunian idaman. Salah satunya adalah memungkinkan pengunjung melakukan tur virtual 3 Dimensi di Rumah.com. Mereka dapat menjelajahi seluruh area rumah, seperti kamar tamu, kamar tidur atau kamar mandi, melalui komputer maupun smartphone dari lokasi manapun. Hal ini dimungkinkan dengan teknologi Matterport yang digunakan, sehingga konsumen yang memiliki waktu terbatas pun tetap dapat memperoleh informasi terbatas tentang lokasi dan properti pilihan mereka,” pungkas Marine.

Tentang Rumah.com

Rumah.com adalah portal properti terdepan di Indonesia. Terpilih sebagai Asia’s Most Influential Brand for Online Property Search oleh konsumen pada 2016, Rumah.com membantu lebih dari 5,5 juta orang dalam mencari dan menemukan rumah idaman mereka di Indonesia – setiap bulan.

Perusahaan juga mengoperasikan platform teknologi pemasaran proyek terkemuka, ePropertyTrack, dan menyelenggarakan berbagai program yang telah diakui dalam industri properti, seperti publikasi, event dan penghargaan. Aplikasi mobile yang telah memenangkan 4 penghargaan telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna hingga saat ini.

Rumah.com adalah bagian dari PropertyGuru group, perusahaan properti online terbesar di Asia.