FTI UKDW Gelar Kuliah Umum IT Audit Bersama ARCS

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (FTI UKDW) menggelar kuliah umum mengenai IT Audit dan mengundang Martin Osaputra selaku direktur dari PT Anugrah Rektama Cipta Solusi (ACRS) pada Jumat (2/3) lalu di Auditorium Koinonia UKDW.

Acara ini digelar karena pemahaman tentang IT Audit dirasa sangat dibutuhkan oleh mahasiswa mengingat kebutuhan akan auditor akan terus berkembang di masa depan, seiring dengan meningkatnya tuntutan akan kualitas yang lebih baik,terutama di sektor-sektor industri yang memegang peranan penting dalam layanan publik seperti halnya layanan telekomunikasi, perbankan, finansial, dan lain sebagainya.

Adapun tujuan dari acara ini adalah supaya mahasiswa dapat meningkatkan pemahamannya mengenai konsep IT Audit sehingga dapat menyesuaikan diri seiring dengan perkembangan jaman. Selain itu untuk menjembatani adanya gap antara dunia akademisi dan industri, dibutuhkan adanya kolaborasi dengan partner di dunia industri.

Acara ini diikuti oleh lebih dari 250 mahasiswa yang terdiri dari gabungan mahasiswa program studi informatika, sistem informasi, akuntansi, dan manajemen. Sebagian besar dari mahasiswa tersebut mengambil matakuliah yang berhubungan, seperti Sistem Informasi Manajemen dan juga Manajemen & Tata Kelola Teknologi Informasi.

Dalam kesempatan tersebut, Martin menjelaskan konsep IT Audit dasar, perbedaan antara audit internal dan external, perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mendukung proses audit agar lebih efisien. Lebih lanjut, ia juga menjelaskan mengenai komponen-komponen apa saja yang perlu dan bisa untuk diaudit, bagaimana proses audit itu dijalankan beserta dengan metodologinya, dan juga jenjang karir untuk dunia IT Audit beserta dengan jenis-jenis sertifikasi dan standarisasi yang diperlukan pada area ini. Banyak studi kasus dan contoh nyata yang disampaikan ke mahasiswa. Martin juga menawarkan kesempatan untuk melakukan magang di PT ARCS bagi mahasiswa yang tertarik.