Cegah Potensi Kerugian Akibat Bencana Gempa Bumi dengan Asuransi Gempa Bumi

JAKARTA – Serangkaian fenomena alam yang terjadi di berbagai belahan dunia seperti letusan gunung berapi dan gempa bumi mengawali tahun 2018. Indonesia menjadi salah satu negara yang terekspose oleh beberapa peristiwa gempa bumi di awal tahun ini. Tercatat dalam kurun waktu satu minggu terakhir, telah terjadi empat kali aktivitas gempa berkekuatan besar hingga menimbulkan kepanikan yang luar biasa dari masyarakat di wilayah Jakarta, Banten dan Aceh. Menyadari letak geografis Indonesia yang rawan terhadap eksposure gempa bumi serta dampak kerugian materil maupun moril yang mutlak akan dihadapi pasca gempa, perlindungan Asuransi Gempa Bumi dinilai sangat penting untuk dimiliki oleh masyarakat di Indonesia.

Berdasarkan data klaim PT Sompo Insurance Indonesia, sepanjang tahun 2017 sebanyak 4.1% dari jumlah kasus klaim properti yang diajukan oleh pemegang polis disebabkan oleh peristiwa bencana alam mulai dari gempa bumi, erupsi vulkanik sebanyak 1.1% hingga badai dan banjir sebanyak 3% .

Himbauan atas pentingnya perlindungan asuransi bencana alam, khususnya gempa bumi disampaikan oleh Erixon Hutapea selaku Direktur Teknik PT Sompo Insurance Indonesia “Mengingat Indonesia berada di “ring of fire” yang sangat rawan terhadap risiko gempa bumi, ditambah lagi risiko banjir yang semakin tinggi, dan akhir-akhir ini mulai sering terjadi siklon, kebutuhan asuransi bencana alam bagi masyarakat Indonesia urgensinya sangatlah tinggi” ujar Erixon.

PT Sompo Insurance Indonesia adalah salah satu perusahaan asuransi yang konsisten menjamin perlindungan terhadap risiko gempa bumi selama lebih dari 40 Tahun. Kehadiran produk Asuransi Gempa Bumi yang dimiliki PT Sompo Insurance Indonesia membantu meminimalisir kerugian potensial dan segala konsekuensi yang mungkin terjadi saat gempa bumi melanda. Tidak hanya gempa bumi, asuransi ini juga menjamin risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat Tsunami, dan Letusan Gunung berapi atas harta benda dan atau kepentingan yang berada dalam tanggung jawab individu yang dijamin dalam polis Asuransi Gempa Bumi. Sejumlah objek yang dapat diasuransikan meliputi bangunan, mesin, barang dagangan, perlengkapan kantor, hingga perabot, perlengkapan dan peralatan lainnya.

Dalam kaitannya dengan bencana yang bersifat nasional, khususnya gempa bumi, jenis perlindungan asuransi yang ditawarkan terbagi menjadi dua bagian yaitu perlindungan asuransi untuk rumah tinggal dan perlindungan asuransi untuk sektor usaha. Dengan demikian benefit yang tercantum dalam masing-masing jenis perlindungan Asuransi Gempa Bumi dari Sompo Insurance Indonesia, baik untuk rumah tinggal maupun sektor usaha akan lebih fokus dan komprehensif. Selain itu, Sompo Insurance Indonesia juga menyediakan kemudahan fasilitas layanan klaim serta transaksi pembelian Asuransi Gempa Bumi melalui Sompo Care 14051 atau melalui www.sompo.co.id .*

Tentang PT Sompo Insurance Indonesia

Sompo Insurance Indonesia merupakan bagian dari Sompo Holdings, perusahaan asuransi umum nomor satu di Jepang dan menempati posisi 10 besar di dunia. Tersebar di lebih dari 30 negara yaitu, Asia, Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin dan Oceania.

Sompo Insurance Indonesia (SII) merupakan perusahaan asuransi umum yang telah hadir di Indonesia sejak 1975 dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, melayani Pelanggan dengan berbagai kebutuhan personal hingga perusahaan.

Produk SII saat ini meliputi asuransi perjalanan, asuransi kebakaran, asuransi kendaraan bermotor, asuransi pengangkutan, asuransi kesehatan, asuransi gempa bumi, dan asuransi umum lainnya.
SII memiliki 16 jaringan kantor yang tersebar di wilayah Indonesia seperti di Surabaya, Medan, Bandar Lampung, Bandung, Denpasar, Malang, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Solo, Balikpapan, hingga Makassar untuk mendukung berbagai kebutuhan bisnis asuransi umum secara nasional