Bimbingan Teknis E-Filling dan E-Form

Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak D.I. Yogyakarta (Kanwil DJP DIY) dan Tax Center Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta bekerjasama menyelenggarakan bimbingan teknis dan pendampingan pengisian SPT PPh orang pribadi melalui e-filling dan eform pada hari Jumat (2/3) lalu di Laboratorium G, Gedung Agape Lantai 2 UKDW.

Acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2 dan Humas) Kanwil DJP DIY, Sanityas Jukti Praswatyani. Program bimtek telah diselenggarakan sejak tahun 2013 hingga sekarang oleh Kanwil DJP DIY bekerjasama dengan Tax Center UKDW.

Selanjutkan penjelasan mengenai pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dibawakan oleh Syarif Jiwar selaku Pemeriksa Pajak Muda dari Kanwil DJP DIY. Syarif menyampaikan pentingnya melaporkan SPT secara benar, lengkap, dan jelas.

Lebih lanjut, Syarif Jiwar menjelaskan bahwa penghasilan yang ditetapkan sebagai objek pajak adalah (a) berasal dari pekerjaan bebas, (b) lain – lain (hibah dan atau warisan), (c) harta (properti yang disewakan), dan (d) kegitan usaha atau pemberi kerja.

E-filling adalah salah satu cara menyampaikan SPT secara elektronik yang dapat dilakukan secara online melalui website Direktorat Jenderal Pajak. Selain e-filling, Kanwil DJP DIY juga sudah mulai memperkenalkan e-form yang merupakan formulir SPT elektronik berbentuk file dengan ekstensi .xfdi yang mengisiannya dapat dilakukan secara offline menggunakan aplikasi Form Viewer.

Bimbingan Teknis mengenai pengisian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi melalui aplikasi ini tidak hanya dihadiri oleh dosen dan karyawan yang telah memiliki penghasilan dan mempunyai NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), tetapi juga diikuti oleh mahasiswa yang belum memiliki NPWP.

Setelah menyelenggarakan bimbingan teknis, Kanwil DJP DIY juga akan mengadakan penandatanganan perpanjangan MoU antara Kanwil DJP DIY dengan Tax Center UKDW serta  seminar mengenai isu – isu terbaru di bidang perpajakan pada Jumat (9/3).

Bimtek di tahun 2018 ini berbeda karena ada mahasiswa yang mengikuti bimbingan teknis. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, mahasiswa dapat membantu pengisian SPT bagi lingkungan sekitarnya.