Astra International Investasi USD 150 Juta di Go-jek

JAKARTA, 12 Februari 2018 – PT Astra International Tbk (Astra) hari ini mengumumkan investasi modal sebesar USD150 juta (sekitar Rp2 triliun) di GO-JEK, perusahaan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia.

Dengan menggabungkan keahlian Astra di bidang otomotif dan jangkauan GO-JEK yang luas kepada konsumen, kedua perusahaan yang merupakan national champion akan mengeksplorasi berbagai peluang kerjasama untuk meningkatkan produktivitas, mendorong masyarakat masuk ke sektor ekonomi formal, serta mendukung inovasi produk dan jasa untuk menciptakan pasar baru. Semua ini dilakukan guna mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sejak awal berdiri, GO-JEK telah menciptakan lapangan pekerjaan kepada jutaan penduduk Indonesia. Jumlah pengemudi GO-JEK yang terdaftar saat ini mencapai lebih dari 1 juta pengemudi, dengan lebih dari 125.000 mitra usaha, dan 30.000 penyedia jasa di platform GO-JEK, yang menyediakan berbagai jenis jasa seperti transportasi, pengantaran makanan, kurir barang, jasa kebersihan, hingga keperluan pembayaran. GO-JEK memfasilitasi lebih dari 100 juta transaksi setiap bulannya.

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk, mengatakan, “Kami antusias dapat menjadi bagian dari perjalanan GO-JEK yang luar biasa. GO-JEK merupakan pemain utama dalam ekonomi digital Indonesia dan dipimpin oleh manajemen anak bangsa yang solid. Astra berharap kolaborasi dengan GO-JEK akan memberikan nilai tambah bagi bisnis Astra serta mengakselerasi inisiatif Astra di bidang digital”.

Selanjutnya Prijono menambahkan, “Kami bangga dapat mendukung national champion seperti GO-JEK, yang memiliki misi sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen Astra untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia. Teknologi memiliki peran yang penting untuk mencapai tujuan ini, dan kami yakin akan daya transformasi perusahaan yang fokus pada digital seperti GO-JEK.”

Baca juga  Bank BRI Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Lion Air Group

Nadiem Makarim, Chief Executive Officer dan Founder GO-JEK, mengatakan: “Hari ini menandakan pencapaian yang signifikan bagi GO-JEK. Kepercayaan yang ditunjukkan oleh salah satu perusahaan paling terkemuka dan merupakan icon Indonesia ini, adalah sebuah bentuk pengakuan tersendiri atas keberhasilan strategi kami. Baik Astra maupun GO-JEK didirikan dengan misi untuk memajukan Indonesia melalui pemberdayaan masyarakat. Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan Astra. Kedua organisasi ini memiliki kepercayaan yang sama, bahwa dengan berkolaborasi kita bisa bersama-sama mengakselerasi perkembangan ekonomi serta meningkatkan hajat hidup jutaan penduduk bangsa ini”.

Sebagai perusahaan teknologi terdepan, GO-JEK telah menunjukkan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi Indonesia sejak 2015. Hal ini sejalan dengan komitmen Astra untuk senantiasa mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah.

Andre Soelistyo, President dan Co-Founder GO-JEK, menyatakan: “Sebagai salah satu grup dengan bisnis yang paling terdiversifikasi di Indonesia, Astra akan memberi banyak dukungan seiring dengan percepatan inovasi kami. Kami yakin bahwa GO-JEK akan mendapatkan banyak keuntungan dari pengetahuan dan keahlian operasional Astra, serta sinergi di dua organisasi kami.”

Baca juga  J&T Express Raih Penghargaan Top Brand Award 2023, Memperkuat Inovasi Layanan dan Dampak Positif yang Konsisten

Tentang Astra International

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 212 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 218.463 karyawan, berdasarkan data Desember 2017.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memperhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan serta pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM).

Baca juga  Summarecon Bekasi Tawarkan Burgundy Residence Tahap 3

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com.

Tentang GO-JEK Group

GO-JEK Group adalah grup penyedia jasa teknologi multi-platform terdepan di Indonesia, menyediakan akses ke berbagai layanan mulai dari antar makanan, transportasi, logistik, pembayaran dan berbagai layanan on-demand lainnya. Aplikasi GO-JEK diluncurkan pada Januari 2015 sebagai aplikasi pengantaran barang dan ride-sharing menggunakan roda dua. Kini GO-JEK Group telah berkembang memenuhi beragam kebutuhan konsumen Indonesia. GO-JEK Group merupakan perusahaan teknologi terintegrasi yang menghadirkan berbagai bisnis dan platform layanan yang telah melekat di kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia.

GO-JEK Grup berdiri dengan prinsip menggunakan teknologi sebagai cara meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat Indonesia, memberikan dampak sosial, serta mendukung inklusi keuangan. Aplikasi GO-JEK telah diunduh sebanyak lebih dari 70 juta kali, menghubungkan konsumen ke lebih dari 1 juta mitra driver dengan lebih dari 100 juta transaksi setiap bulannya.

Aplikasi GO-JEK tersedia di iOS dan Android dan dapat diunduh melalui www.GO-JEK.com/app