SAP & ASEAN Foundation Tantang Mahasiswa Se-ASEAN Kembangkan Gagasan Melalui Bantuan Data di Kompetisi ASEAN Data Science Explorer 2018

Indonesia, 27 Maret 2018 – ASEAN Foundation dan perusahaan software enterprise SAP SE (NYSE: SAP) hari ini mengumumkan penyelenggaraan ASEAN Data Science Explorers 2018. Program tersebut, yang kini diselenggarakan kedua kalinya, bertujuan untuk menginspirasi dan menjadi wadah aktivitas generasi muda ASEAN. Program ini menargetkan mahasiswa di 10 negara angota ASEAN untuk memanfaatkan kekuatan data, mendapatkan wawasan dengan menggunakan SAP Analytics Cloud dan menyumbangkan gagasan kepada lembaga-lembaga ASEAN terkait.
Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017, ASEAN Data Science Explorer (ADSE) adalah kompetisi data analytics yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap komunitas ASEAN di antara generasi muda melalui intervensi literasi digital. Dengan menggunakan platform SAP Analytics Cloud, inisiatif tersebut akan membantu para peserta untuk menyampaikan wawasan berbasis data yang menyoroti isu-isu di ASEAN mengenai enam tujuan perkembangan berkelanjutan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), yakni (1) kesehatan dan kesejahteraan yang baik, (2) kualitas pendidikan, (3) kesetaraan gender, (4) industri, inovasi, dan infrastruktur, (5) lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi yang baik, dan (6) komunitas serta kota yang berkelanjutan.
Program ini akan berlangsung mulai bulan Maret hingga bulan Oktober 2018, dimulai dengan serangkaian sesi pemberdayaan yang diselenggarakan untuk mahasiswa dan dosen di universitas lokal di seluruh 10 negara anggota ASEAN. Setelah itu, para siswa diundang untuk membentuk tim yang terdiri dari dua orang untuk mendaftarkan diri berkompetisi dan menyerahkan ide-ide mereka. Satu tim peserta dari masing-masing negara anggota akan memiliki kesempatan untuk dinobatkan sebagai finalis nasional lalu maju untuk berkompetisi dalam putaran final regional. Pada final regional, 10 finalis nasional akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan gagasan mereka kepada dewan juri yang terdiri dari perwakilan terhormat dari ASEAN Foundation, SAP dan berbagai organisasi pemerintah atau LSM.
Mengingat kepemimpinan Singapura di ASEAN pada tahun 2018, babak final regional Data Science Explorer 2018 akan diadakan di Singapura, dengan Infocomm Media Development Authority (IMDA) Singapura sebagai host partner. Babak final regional ini juga akan diadakan bersamaan dengan final Asosiasi Tenis Wanita (WTA), dimana 10 finalis nasional juga akan mendapatkan hak istimewauntuk menonton babak final WTA yang berlangsung di Singapura.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai ASEAN Data Science Explorers, silakan kunjungi www.aseandse.org atau kirim email ke aseandse@sap.com.

Tentang ASEAN Foundation
Tiga dekade setelah didirikannya ASEAN, para pemimpin ASEAN menyadari bahwa: masih adanya kesenjangan kemakmuran di antara anggotanya, serta kesadaran dan relasi yang baik antara anggota masyarakat ASEAN. Keprihatinan inilah yang mendorong para pemimpin ASEAN untuk membentuk ASEAN Foundation selama KTT Peringatan HUT ASEAN yang ke-30 di Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 15 Desember 1997. ASEAN Foundation adalah sebuah organisasi dari dan untuk masyarakat ASEAN. Yayasan ini ada karena satu visi: membangun komunitas ASEAN yang kohesif dan makmur. Sebagai badan ASEAN, Yayasan ini bertugas untuk mendukung ASEAN terutama dalam mempromosikan kesadaran, identitas, interaksi dan pengembangan masyarakat ASEAN. Untuk info lebih lanjut tentang ASEAN Foundation, kunjungi: www.aseanfoundation.org.
Tentang SAP
Selaku pemimpin pasar dalam perangkat lunak aplikasi enterprise, SAP (NYSE: SAP) membantu perusahaan dari semua ukuran dan industri berjalan lebih baik. Dari kantor ke ruang rapat, gudang ke etalase, desktop ke perangkat mobile – SAP memberdayakan masyarakat dan organisasi untuk bekerjasama dengan lebih efisien dan menggunakan wawasan bisnis dengan lebih efektif untuk tetap berada di depan kancah persaingan. Aplikasi dan layanan SAP memungkinkan lebih dari 378.000 pelanggan untuk beroperasi secara menguntungkan, beradaptasi terus-menerus, dan tumbuh berkelanjutan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.sap.com.