Mendukung dan Memperkuat Pertumbuhan Ekonomi di Jambi Wings Air Membuka Dua Rute Baru

Jambi, 7 Februari 2018 – Wings Air, maskapai bertarif rendah yang fokus melayani transportasi udara antar wilayah kecamatan, kabupaten dan kota, hari ini resmi melakukan inaugural flight khusus intra Jambi, yang menghubungkan Kota Jambi, Kabupaten Muara Bungo dan Kabupaten Kerinci. Dengan pembukaan rute baru, sekarang traveler dan pebisnis semakin mudah dalam bepergian. Maskapai Lion Group ini menyediakan tujuh kali penerbangan dalam seminggu dengan mengoperasikan pesawat terbaru ATR 72-600, berkapasitas 72 penumpang.

Hadir dalam inaugural flight ini Capt. Redi Irawan, Direktur Operasi Wings Air, Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, H Mashuri SE. MP, Bupati Muara Bungo, Letkol Wahyu Hadi Sunaryo, Komandan Distrik Militer (Dandim) Muara Bungo, AKBP Budiman Bontang Panjaitan, Kapolres Muara Bungo, Partahian Panjaitan, Kepala UPBU Muara Bungo, Adhi Putra, Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jambi, Yogi Prasetyo, General Manager Angkasa Pura II Jambi, Anton Krisna, General Manager AirNav Jambi, biro perjalanan dan media.

Pesawat Wings Air beregistrasi PK-WGH menandai penerbangan perdana yang lepas landas (take off) dari Bandar Udara Sultan Thaha, Jambi pukul 08.50 WIB dengan nomor (flight number) IW 1150. Pesawat mendarat (landing) mulus di Bandar Udara Muara Bungo pukul 09.35 dan disambut dengan tarian adat.

Baca juga  Mulai Melayani Area: Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Medan dan Pematang Siantar

Kemudian, Wings Air melanjutkan penerbangan IW 1150 menuju Kerinci pukul 09.55 WIB dan tiba di Bandar Udara Depati Parbo, Kerinci pukul 10.40 WIB. Pada rute sebaliknya, pesawat berangkat dengan nomor penerbangan IW 1151 pukul 11.00 WIB dan mendarat di Muara Bungo pada 11.45 WIB. Selanjutnya, Wings Air mengudara pukul 12.05 WIB dan sampai di Jambi pukul 12.50 WIB.

Kehadiran Wings Air ini sebagai upaya dalam mendukung perekonomian daerah, dalam mempercepat konektivitas logistik dan meningkatkan sektor pariwisata. Penerbangan harian yang tersedia dapat memberikan nilai lebih, karena mempersingkat jarak, Jambi ke Muara Bungo hanya 45 menit dan Muara Bungo ke Kerinci juga hanya 45 menit. Selama ini, jika melalui jalur darat memerlukan waktu tempuh sekitar enam jam dari Jambi menuju Muara Bungo dan berkisar empat jam dari Muara Bungo ke Kerinci, begitu juga sebaliknya.

“Penerbangan Wings Air di Muara Bungo dan Kerinci dilatarbelakangi karena tingginya permintaan. Tingkat keterisian penumpang mencapai 80% saat penerbangan perdana, dan ditargetkan bisa mencapai load factor lebih dari 90% setiap harinya.”

Kondisi geografis, kekayaan alam, pertambahan dan budaya yang ditawarkan oleh Muara Bungo dan Kerinci, telah menjadikan Propinsi Jambi sebagai pilihan destinasi favorit wisatawan dan pebisnis. Muara Bungo merupakan salah satu kota yang mempunyai kekayaan alam melimpah antara lain sektor perkebunan karet dan kelapa sawit serta pertambangan emas dan batubara. Sekaligus kabupaten yang tekenal dengan faunanya Pelanduk napu ini juga meninggalkan alam-alamnya yang patut dijelajahi, seperti wisata sungai, gua alam dan air terjun Tegan Kiri.

Baca juga  Iflix Menghadirkan March Madness ke Asia Tenggara dan Banyak Lagi dengan Peluncuran Saluran ZSports

Kerinci yang berpusat pemerintahan di Siulak menawarkan aktivitas “atapnya Sumatera” terutama menjelajahi alam Gunung Kerinci, gunung tertinggi di pulau ini yang sudah lama sebagai destinasi domestik serta mancanegara. Berada di atas ketinggiannya, mata dimanjakan pemandangan membentang Kota Jambi, Bengkulu dan Padang. Selain itu, Kerinci juga menyimpan wisata air terjun, danau, perbukitan dan perkebunan Kayu Manis.

“Jambi merupakan salah satu gerbang Lion Air Group (Lion Air dan Batik Air) yang menghubungkan ke berbagai kota tujuan. Wings Air memfasilitasi layanan penerbangan harian dari Jambi menuju Palembang, Pekanbaru, Padang, Medan Kualanamu, Tanjung Karang (Lampung) dan Bengkulu.”

Seluruh pelanggan Wings Air, dapat memperoleh tiket Jambi – Muara Bungo – Kerinci serta kota-kota lainnya dengan harga terjangkau melalui www.lionair.co.id atau Call Center 24 jam 0804-1-77889 dan 021-6379 8000, kantor penjualan Lion Air Group atau agen perjalanan terdekat.

Baca juga  Berbagai Kejutan Seru Hingga Promo Menarik Hadir Di Bazar Buku Big Bad Wolf Jakarta 2020

Jadwal Penerbangan

No. Penerbangan Dari Menuju Berangkat Tiba Frekuensi
IW 1150 Jambi (DJB) Muara Bungo (MWS) 08.50 09.35 1 kali sehari
IW 1150 Muara Bungo (MWS) Kerinci (KRC) 09.55 10.40 1 kali sehari
IW 1151 Kerinci (KRC) Muara Bungo (MWS) 11.00 11.45 1 kali sehari
IW 1151 Muara Bungo (MWS) Jambi (DJB) 12.05 12.50 1 kali sehari

 

Tentang Wings Air

Wings Air diresmikan pada 2003 dan memulai operasinya pada 13 Juni 2003. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan domestik ke seluruh Indonesia dan regional. Dalam operasionalnya, Wings Air merupakan penghubung (feeder) bagi Lion Air Group (Lion Air, Batik Air, Thai Lion Air dan Malindo Air).

Wings Air menghubungkan antarpulau, kota, dengan kabupaten. Beroperasi menggunakan pesawat bertenaga propeller dengan tipe ATR 72-500/ 600, hingga saat ini total armada Wings Air mencapai 55 unit dan memiliki total frekuensi penerbangan hingga lebih dari 250 perharinya.