Kalah dari Islandia, Menpora Tetap Bangga Perjuangan Pemain dan Apresiasi Semangat Penonton

Jakarta – Kekalahan Timnas Indonesia 1-4 dari Islandia tetap membuat Menpora Imam Nahrawi bangga terhadap perjuangan anak asuh Luis Milla. Pernyataan itu disampaikan Menpora usai mendampingi Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla menyaksikan laga Timnas Indonesia di Stadion GBK, Minggu (14/1) malam.
Semangat yang ditunjukkan para pemain menurut Menpora sepanjang pertandingan cukup membanggakan. “Saya bangga kepada timnas, mereka telah menunjukkan secara skill individu sudah bagus apalagi yang dihadapi salah satu kontestan Piala Dunia, tinggal kedepan dicarikan taktik atau strategi bagaimana mengatasi lawan yang secara fisik lebih tinggi dari kita, saya yakin pelatih Luis Milla mampu meracik itu. Saya akan terus suport timnas kita,” ucap Menteri asal Bangkalan ini.
Selain semangat para pemain di lapangan, Menpora juga memberikan apresiasi kepada penonton yang dari sore menunjukkan semangatnya untuk mendukung timnas Indonesia. “Demikian juga dengan para penonton, meskipun hujan tidak mengurangi dukungannya terhadap timnas kita, saya bangga,” tambahnya.
Jalannya pertandingan berlangsung ketat. Asa perjuangan merah putih membahana saat berhasil menjebol gawang Islandia pada menit 28 oleh tendangan Ilham Udin Arman memanfaatkan kemelut bola muntah kiper yang tidak mampu menangkap dengan sempurna tendangan keras pemain nomor punggung 13 Febri Haryadi.
Gol balasan tim asuhan Heimir Hallgrímsson dicetak oleh pemain pengganti Albert Gudmundsson yang lepas dari kawalan pada akhir perpanjangan waktu babak pertambahan. Babak pertama berakhir imbang 1-1.
Gol tambahan bagi Islandia terjadi pada menit 57 dari umpan lambung sepak pojok yang disundul salah satu pemain mengenai mistar gawang yang selanjutnya bola muntah tidak disia-siakan oleh pemain nomor punggung 8 Arnor Smarason dengan tendangan yang tidak mampu dihalau kiper Andritany.
Menit 64 kemelut di kotak pinalti menjadi malapetaka karena pelanggaran yang berbuah pinalti, Albert Gudmundsson tampil sebagai algojo dan sukses menambah gol untuk tim benua biru yang tahun ini akan berlaga di pentas Piala Dunia. Albert menjadi momok kembali setelah pada menit 70 kembali menjebloskan gol ke gawang Garuda Indonesia. Kita memang kalah 1-4, akan tetapi pasti banyak pelajaran penting yang dapat dipetik timnas kita demi prestasi kedepan yang gemilang. Asian Games sudah menanti, semoga Timnas Merah Putih mampu mengharumkan nama bangsa.