Philips Lighting dan Soci Mas Sepaham Dalam Perlunya Pengembangan Pabrik Pintar

Jakarta, Indonesia – Philips Lighting (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, hari ini mengumumkan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT SOCI MAS, salah satu unit usaha di bawah Sinarmas Group, untuk menjalankan proyek percontohan penerapan pencahayaan pintar di fasilitas produksi milik SOCI MAS di Sumatra Utara. Acara penandatanganan yang berlangsung di lokasi pabrik SOCI MAS di Medan, Sumatera Utara, diwakili oleh Rami Hajjar, Country Leader Philips Lighting Indonesia, dan Darrell Tan, Chief Operating Officer SOCI MAS.

Dalam proyek percontohan ini, Philips Lighting akan memasang lampu dan sistem pencahayaan pintar berbasis LED di area SOCI MAS seperti pabrik, gudang, kantor, dan jalan, untuk kemudian dilakukan evaluasi besar penghematan energi yang dihasilkan oleh instalasi pencahayaan yang baru.

Dalam acara penandatanganan tersebut, Darrell Tan, Chief Operating Officer SOCI MAS, mengatakan bahwa “SOCI MAS merencanakan pabrik pintar (Smart Plant) di tahun 2020, salah satunya melalui implementasi pencahayaan pintar (Smart Lighting). Dengan mengganti lampu konvensional perusahaan menjadi LED, maka kami dapat melakukan penghematan energi secara signifikan, setara dengan pengurangan emisi gas sebesar 707 ton CO2, atau sama dengan menyelamatkan 59.000 pohon. SOCI MAS selalu berusaha untuk berkontribusi dan membangun kesadaran karyawan terhadap pelestarian lingkungan sebagai bagian dari budaya perusahaan kami.”

Baca juga  Batik Air Segera Luncurkan “Tripper: Batik Entertainment” Fasilitas Terbaru Hiburan Penerbangan – Hanya dalam Genggaman “Memberikan Pengalaman Baru dan Terobosan Pelayanan Terbaik”

Memahami kebutuhan SOCI MAS untuk mencapai visi tersebut, Rami Hajjar, Country Leader Philips Lighting Indonesia, mengatakan bahwa, “SOCI MAS telah menunjukkan komitmen luar biasa dalam memimpin inisiatif untuk menghemat lebih banyak energi dan meningkatkan kualitas dan kesinambungan operasional sehari-hari perusahaan. Inovasi lampu hemat energi Philips Lighting akan mengintegrasikan sistem pencahayaan LED pintar dengan teknologi Internet of Things (IoT), yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengawasan waktu aktual dari sistem manajeman pencahayaan dan energi serta performanya secara jarak jauh. Dengan cara seperti ini, perusahaan dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih pintar dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.”

Dalam proyek percontohan ini, Philips Lighting Indonesia akan menggunakan sistem pencahayaan nirkabel Green Manufacturing dan Green Warehouse untuk fasilitas pabrik. Sistem pencahayaan ini menggunakan luminer LED yang dapat diredupkan dalam tiga tipe dan dikendalikan secara nirkabel, sehingga memungkinkan perusahaan untuk menghemat 50% biaya listrik dibandingkan instalasi LED dengan output pencahayaan tetap yang tidak dikontrol.

Baca juga  Petani Tetap Produktif Saat Musim Kemarau

Untuk ruang perkantoran, Philips Lighting Indonesia akan menggunakan Philips Dynalite, sebuah sistem pencahayaan berbasis internet kabel yang memampukan penyalaan, peredupan dan pengendalian suasana pencahayaan secara pintar. Sistem ini memungkinkan pengendalian pencahayaan berdasarkan zona, juga integrasi dengan Sistem Manajemen Gedung, dan memampukan manajer serta pemilik fasilitas untuk mengelola dan memonitor seluruh sistem pencahayaan dengan menggunakan papan (dashboard) monitor EnvisionManager.

Sementara itu, sistem pencahayaan Philips CityTouch akan dipasang untuk pencahayaan luar ruang di fasilitas tersebut. Sistem ini memberikan kendali dan visibilitas penuh untuk penerangan jalan dari papan kendali sentral, memungkinkan manajer fasilitas untuk memonitor titik pencahayaan secara aman, menetapkan jadwal dan mengatur tingkat pencahayaan sesuai kebutuhan. Enkripsi data dan autentikasi dua lapis memastikan perangkat lunak untuk memenuhi standar keamanan yang paling ketat.

Baca juga  Musim Mas Memperoleh Sertifikasi ISPO untuk Seluruh Rantai Bisnisnya, Menegaskan Komitmen pada Kelapa Sawit Berkelanjutan

Tentang Philips Lighting

Philips Lighting (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia untuk produk, sistem dan layanan pencahayaan, membawa inovasi pencahayaan yang membuka nilai bisnis, memberikan pengalaman bermakna bagi pengguna yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup. Melayani pasar bisnis dan konsumen, kami memimpin industri dalam memanfaatkan penggunaan Internet of Things untuk mentransformasi hunian, bangunan dan area perkotaan. Pada tahun 2016, kami membukukan penjualan sebesar 7,1 miliar Euro dan mempekerjakan sekitar 34.000 karyawan di lebih dari 70 negara. Berita mengenai Philips Lighting dapat dilihat di Newsroom, Twitter dan LinkedIn. Informasi untuk investor dapat ditemukan di Investor Relations.